alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Taufan Pawe Sebut Tim PDKB PLN Merupakan Orang Pilihan

Suwarny Dammar
Taufan Pawe Sebut Tim PDKB PLN Merupakan Orang Pilihan
TIM PDKB PLN. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, memuji tim khusus yang dimiliki PT PLN, yakni Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), sebagai manusia pilihan. Foto: Istimewa

PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, memuji tim khusus yang dimiliki PT PLN, yakni Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), sebagai manusia pilihan.

Tim PDKB sendiri merupakan petugas khusus yang melakukan pekerjaan pemeliharaan pendistribusian tenaga listrik tanpa padam dengan tegangan 20.000 Volt pada jaringan.

"PLN selalu berada di hati bagi kami masyarakat kota Parepare. Tim PDKB adalah manusia pilihan karena dapat melakukan pemeliharaan tanpa padam," ucap Taufan melalui rilis tertulis yang dikirimkan pihak PLN.



Taufan berharap kemitraan antara PLN dengan Pemerintah Kota Parepare terus dapat terpelihara dengan baik.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf, menjelaskan, dengan keadaan tanpa padam, tim PDKB dapat bekerja memelihara jaringan 20.000 Volt bahkan dengan cara menyentuh langsung jaringan bertegangan yang menggunakan peralatan khusus.

Tujuan utamanya adalah untuk tetap menjaga kontinuitas pasokan listrik demi kenyamanan pelanggan.

Sejak tahun 2018 PLN UIW Sulselrabar memiliki 1 tim PDKB sentuh langsung (metode pemeliharaan tanpa padam dengan menyentuh langsung jaringan 20.000 Volt) dan 3 tim PDKB berjarak (metode menggunakan alat khusus yang tidak menyentuh langsung jaringan).

Kelebihan dari tim PDKB sentuh langsung sendiri adalah dapat melakukan pemeliharaan jaringan 3 kali lebih cepat.

PLN UIW Sulselrabar sendiri memiliki 4 tim PDKB yang terdiri dari 42 petugas. 4 tim tersebut bertugas di wilayah kerja Makassar, Mamuju, dan Kendari.

Sepanjang bulan Januari - September 2018 sendiri Tim PDKB PLN UIW Sulselrabar berhasil menyelamatkan 13,5 juta kWh atau setara dengan Rp. 15, 8 Miliar dengan melakukan pemeliharaan tanpa padam di 2.086 titik.

Hari ini, Selasa (4/12/2018) seluruh tim PDKB PLN UIW Sulselrabar berkumpul di Pare-pare dalam tajuk "Bakti PDKB untuk Negeri." Sebanyak 4 tim PDKB bergerak secara serentak untuk melakukan pemeliharaan jaringan di 5 lokasi tanpa padam.

Menurut General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf, kegiatan pemeliharaan di 5 lokasi tersebut dapat menyelamatkan 48 ribu kWh.

PDKB adalah pekerjaan khusus sehingga harus dilakukan oleh tim khusus. Tugasnya adalah memastikan selama ada pemeliharaan tidak ada pemadaman.

"PLN sangat bangga memiliki tim PDKB dan satu hal yang memastikan tim PDKB berhasil dalam melaksanakan tugasnya adalah patuh terhadap SOP," pungkas Bambang.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads