alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

CIA Akan Beri Penjelasan Soal Pembunuhan Khashoggi ke Senator AS

Agus Nyomba
CIA Akan Beri Penjelasan Soal Pembunuhan Khashoggi ke Senator AS
Kepala CIA Gina Haspel. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Kepala CIA Gina Haspel akan memberikan pengarahan tertutup, kepada para pemimpin beberapa komite Senat Amerika Serikat (AS) pekan ini terkait dengan pembunuhan kolumnis Saudi, Jamal Khashoggi.

Rencana ini dilaporkan pada media yang berbasis AS Wall Street Journal pada Senin kemarin mengutip sumber tanpa nama. Menurut Wall Street Journal, briefing akan berlangsung pada hari Selasa.

Dilansir dari kantor berita Reuters, mengutip sumber yang akrab dengan pertemuan yang direncanakan itu, mengatakan Haspel, akan memberi pengarahan kepada para pemimpin Republik dan Demokrat dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Komite Angkatan Bersenjata dan Alokasi. Sumber Reuters menambahkan bahwa Komite Intelijen Senat sudah mendapat pengarahan dari kepala CIA.



Sumber Senat juga mengatakan, para pemimpin Senat juga akan berpartisipasi dalam pengarahan, yang dijadwalkan pukul 11:30 waktu setempat (16:30 GMT).

CIA tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal apakah pengarahan akan berlangsung.

Pertemuan yang diharapkan datang, setelah para senator dari kedua belah pihak menyatakan kemarahan bahwa Haspel, yang telah mendengarkan rekaman audio dari pembunuhan dan bukti-bukti terbaru yang dikumpulkan oleh pihak berwenang Turki, tidak menjadi bagian dalam pengarahan tertutup pekan lalu oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis tentang masalah ini.

CIA telah dilaporkan menilai bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, juga dikenal sebagai MBS, memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Wartawan berusia 59 tahun, seorang kritikus, terbunuh pada 2 Oktober setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang diperlukan untuk pernikahan yang direncanakannya.

Setelah menawarkan pernyataan yang kontradiktif, Arab Saudi mengakui bulan lalu bahwa Khashoggi terbunuh di dalam konsulat dan tubuhnya dipotong-potong. Kerajaan itu berulang kali mengatakan, bahwa Pangeran Muhammad tidak memiliki pengetahuan tentang pembunuhan itu, yang menurut Turki diperintahkan pada tingkat tertinggi kepemimpinan Saudi.

Pada briefing pekan lalu, Pompeo dan Mattis mengatakan, tidak ada bukti kuat bahwa putra mahkota berada di balik pembunuhan itu dan mendesak para senator untuk tidak menurunkan hubungan dengan Arab Saudi atas insiden itu.

Beberapa jam setelah briefing itu, Senat memilih 63-37 untuk mengambil resolusi yang ditujukan untuk membatasi keterlibatan AS dalam perang di Yaman, di mana koalisi Saudi-UAE yang didukung Washington melakukan intervensi pada tahun 2015 melalui kampanye udara besar-besaran yang menargetkan pemberontak Houthi. Pemungutan suara berikutnya pada tagihan bisa datang sedini Kamis.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook