alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Sulsel Tantang Wartawan Laporkan Pelanggaran Pemilu

Darwiaty Dalle
Bawaslu Sulsel Tantang Wartawan Laporkan Pelanggaran Pemilu
Sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 yang digelar Bawaslu Sulsel dan melibatkan puluhan wartawan Kota Parepare sebagai peserta, Kamis (06/12/2018). Foto : Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 melibatkan media (wartawan) di Hotel Pare Wisata, Kota Parepare, Kamis (06/12/2018).

Menurut Kasubag Tata Usaha Bawaslu Sulsel, Zulkifli, sosialisasi ini dilakukan hanya sekali. Beruntung, Kota Parepare yang ditunjuk sebagai tempat sosialisasi melibatkan para wartawan.

"Tujuan kegiatan ini, untuk mensosialisasikan aturan-aturan kampanye pemilu, peran lembaga penyiaran, terkait pemberitaan, iklan dan mengajak media untuk memahami aturan periklanan, yang sesuai aturan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan, pada Pemilu 2019 kelompok partisipasi terbagi tiga, yakni peserta pemilu (Parpol/timses/caleg). Kemudian lembaga lainnya seperti Ormas, LSM selaku pihak pemantau. Dan yang terakhir adalah masyarakat selaku pemilih.

Sedangkan kata dia, peran media diharap mampu mendorong nilai-nilai demokrasi yang memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis memenuhi kebutuhan publik dengan menyajikan informasi perkembangan pemilu dan dinamikanya.

Dalam kesempatan ini, Laode menantang para wartawan melaporkan temuan pelanggaran pemilu. Dimana kata dia, pelanggaran pemilu juga bersumber dari temuan pihaknya dan laporan masyarakat.

"Kami tantang media, selain memberitakan, juga melapor jika menemukan pelanggaran," tutupnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads