alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kabupaten Enrekang jadi Ikon Kebangkitan Zakat di Indonesia

Aris Bafauzi
Kabupaten Enrekang jadi Ikon Kebangkitan Zakat di Indonesia
Bupati Enrekang, Muslimin Bando menghadiri acara World Zakat Forum di Kuala Lumpur, Malaysia, bersama 26 perwakilan negara lainnya, baru-baru ini. Foto : Istimewa

ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando menjadi tamu kehormatan perwakilan Indonesia pada acara World Zakat Forum di Kuala Lumpur, Malaysia, bersama 26 perwakilan negara lainnya, baru-baru ini.

Kabupaten Enrekang sendiri ditunjuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pusat sebagai ikon kebangkitan zakat di Indonesia.

"Alhamdulillah Enrekang mendapat tempat kehormatan di Malaysia bisa berada bersama dengan perwakilan-perwakilan pelopor kebangkitan zakat dari 26 negara di dunia. Menjadi ikon itu hanya amanah, semua pemimpin daerah bisa jika mau ikut bangkitkan zakat di daerahnya," sebut Muslimin Bando, Kamis (06/12/2018).

Menurut Muslimin, apresiasi yang diberikan Baznas pusat kepada Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Enrekang bukan tanpa alasan. Dimana diakui pihaknya terus berinovasi membangkitkan zakat di kabupaten Enrekang. Salah satunya melahirkan Perda dan Perbup tentang kewajiban seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mengeluarkan zakat 2,5 persen untuk dikelola Baznas Enrekang.

Dan bahkan Baznas Enrekang telah merealisasikan anggaran pengelolaan zakat kurang lebih Rp8,1 miliar dua tahun belakangan ini. Di tahun 2019 nantinya pun Baznas Enrekang akan menyasar pengumpulan zakat dari masyarakat pelaku usaha. Target pengumpulan zakat hingga Rp8,7 miliar.

(Baca juga : Realisasi Anggaran Baznas Enrekang Capai Rp8,1 Miliar)

Sementara itu, Deputi Baznas RI, Arifin Purwakananta berharap agar Bupati Enrekang terus melakukan gebrakan membangunan daerahnya dengan melibatkan Baznas.

"Kedatangan Bupati Enrekang di event internasional World Zakat Forum menjadi bukti nyata bawah dia serius membangun daerahnya dengan melibatkan Baznas, dan itu adalah sebuah gebrakan yang harus diapresiasi," kata dia.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads