alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPID Harus Ikut Berperan Jaga Generasi Muda dari Siaran Negatif

Luqman Zainuddin
KPID Harus Ikut Berperan Jaga Generasi Muda dari Siaran Negatif
Mantan Ketua KPI Pusat, Prof Judhariksawan berbicara dalam dialog publik KPID Sulsel di Hotel Pesonna, Jalan Mappanyukki, Makassar, Kamis (06/12/2018). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dianggap punya peranan yang cukup massif untuk menjaga generasi muda dari siaran-siaran negatif. Khusus KPID Sulsel didorong untuk melakukan langkah-langkah preventif.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulsel, Hasbullah dalam dialog publik "Eksistensi KPID Sulsel dalam Menjaga Masa Depan Generasi Muda" di Hotel Pesonna, Jalan Mappanyukki, Makassar, Kamis (06/12/2018).

"Melakukan Binwas kepada lembaga penyiaran dalam menata kelola penyiaran yang sehat. Melahirkan program yang massif seperti gemas, gesit, KPID Award, dan memberi sanksi yang tegas," ucap Hasbullah.

Hasbullah juga mengatakan, pada era digital seperti sekarang ini, informasi tanpa batas tidak bisa dibatasi oleh siapapun. Sehingga apa terjadi di belahan dunia lain dapat diketahui secara detail oleh orang-orang di tempat berbeda. Itu dianggap berpengaruh terhadap budaya asing yang masuk dan kepentingan pemilik modal.

Maka penting bagi KPID, kata Hasbullah, untuk mengawal penyiaran yang sehat bagi masyarakat Sulsel.

"Tantangan yang dihadapi, maka lembaga penyiaran harus punya komitmen sesuai dengan aturan, Memiliki komitmen rasa kebangsaan dan harus berpijak pada norma agama dan kearifan lokal," katanya.

Sementara itu, mantan Ketua KPI Pusat, Prof Judhariksawan yang juga menjadi pembicara dalam dialog itu menyebutkan, KPID saat ini sedang menggalakkan program literasi media sebagai langkah preventif, dan pendidikan ketahanan keluarga.

"Contoh yang sering kita lihat, kalau kita perkenalkan anak dengan dengan sosial media, kita lupa menjelaskan apa itu. Pernah kah kita membaca term dan preference (syarat dan ketentuan)?. Itu yang pertama. Kalau kita tahu itu, akan kita pahami apa yang boleh dan apa yang tidak," kata Judha.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads