Polsek Pallangga Simulasi Pemungutan Suara Pilkada dengan Protokol Kesehatan

Minggu, 27 September 2020 - 13:55 WIB
loading...
Polsek Pallangga Simulasi Pemungutan Suara Pilkada dengan Protokol Kesehatan
Suasan simulasi penyelenggaraan pemungutan suara pilkada dengan protokol kesehatan di Polsek Pallangga, Kabupaten Gowa. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Aparat Polsek Pallangga Polres Gowa melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Gowa tahun 2020, Minggu (27/9/2020).

Kegiatan simulasi yang digelar di halaman belakang Polsek Pallangga tersebut, dipimpin Kapolsek Pallangga IPTU Nasruddin, dihadiri Danramil Pallangga Kapten Inf Basri, Ketua PPK Pallangga dan anggotanya, Ketua Panwascam Pallangga dan jajarannya.

"Simulasi pilkada di masa pandemi COVID-19 ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan tata cara saat pencoblosan sampai dengan pemungutan suara, agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan dan social distancing," ungkap Kapolsek Nasruddin.



Adapun rangkaian simulasi pemungutan dan penghitungan suara di antaranya, petugas di tempat pemungutan suara (TPS) akan menyediakan air bersih dilengkapi sabun cuci tangan di lokasi TPS.

Setelah itu lanjutnya, pemilih yang datang ke TPS diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun yang telah disiapkan sebelum masuk ke TPS. Selanjutnya, suhu tubuh pemilih akan diperiksa oleh petugas KPPS.

"Pemilih yang bersuhu tubuh di atas 37,5 derajat diberi waktu sejanak, dan apabila suhu tubuh tidak turun maka pemilih tidak diperkenankan masuk kedalam area TPS, akan tetapi menggunakan hak pilihnya di bilik khusus," jelasnya.

Menurut Iptu Nasruddin, bilik khusus itu memang telah disediakan oleh anggota KPPS. Selanjutnya, anggota KPPS membawakan kotak suara ke pemilih tersebut.



Penyelenggara juga akan menyiapkan masker bagi pemilih yang datang tidak menggunakan masker. Apabila pemilih bersedia menggunakan masker maka pemilih bisa masuk untuk menggunakan hak pilihnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2580 seconds (0.1#10.140)