Antisipasi Bencana, Sungai Kandoa-Balambang Bakal Dinormalisasi

Minggu, 27 September 2020 - 16:44 WIB
loading...
Antisipasi Bencana, Sungai Kandoa-Balambang Bakal Dinormalisasi
Pemerintah desa saat meninjau kondisi sungai yang hendak dinormalisasi di musim kemarau ini. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Pemerintah Desa Raja dan Pemerintah Desa Puty di Kecamatan Bua, menyepakati normalisasi Sungai Kandoa hingga Sungai Balambang, untuk mengantisipasi bencana abrasi sungai dan bahaya banjir di pemukiman warga.

Kesepakatan dua pemerintah ini ditandai dengan penandatangan surat yang juga ditandatangani oleh Camat Bua, Muhammad Sakti Abdul Latief, di Kantor Desa Raja, Minggu, (27/9/2020).


Sebelum penandatanganan dilakukan, Camat Bua bersama Kepala Desa Raja, Tawakkal, Kepala Desa Puty, Yahya Kibaid, beserta perwakilan dari Danramil Bupon dan Polsek Bua, tokoh masyarakat, turun langsung meninjau kondisi sungai mulai dari Desa Puty (Sungai Kandoa) hingga Desa Raja (Sungai Balambang).

Tawakkal menjelaskan, kondisi sungai yang mengairi dua desa tersebut sudah banyak kelokan . Sehingga beberapa kali banjir membuat tanah pemukiman warga hanyut akibat ambles diterjang banjir.

"Kondisi ini sangat berbahaya bahkan mengancam nyawa warga karena sebagian tebing sungai pas berada di belakang rumah warga. Olehnya itu, kami selaku pemerintah Desa Raja dan Pemerintah Desa Puty, menuepakti dilakukan upaya pelurusan aliran sungai (normalisasi) ," ujar Tawakkal.

Dirinya menjelaskan, jika sungai ini dibuatkan jalur lurus dan tidak berkelok-kelok seperti sekarang tentu kata dia, bahaya bisa diminimalisir.

"Abrasi ke pemukiman warga tentu berkurang dan terjangan banjir ke rumah warga bisa kita hindari. Alhamdulillah, disaksikan pak camat dan aparat TNI, Polri, kita sudah sepakat untuk meluruskan aliran sungai di wilayah kami," ujarnya.



Camat Bua, Muhammad Sakti Abdul Latief, sangat mendukung upaya pencegahan yang dilakukan oleh kedua desa dan dirinya mendukung penuh.

"Solusi seperti ini yang diharapkan. Langkah selanjutnya setelah kedua desa menyepakati, memberikan pemahaman kepada warga, dan menyampaikan hasil pertemuan kita ke pemerintah kabupaten sekaligus bermohon bantuan kegiatan normalisasi sungai ," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)