alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wow! Makan Tempe Setiap Hari, dan Rasakan Manfaat Ini di Tubuhmu

Sri S Syam
Wow! Makan Tempe Setiap Hari, dan Rasakan Manfaat Ini di Tubuhmu
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kamu penggemar tempe? wuah berarti kamu termasuk beruntung sebab ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh jika sering mengkonsumsi tempe. Makanan yang biasanya dijadikan lauk ini mengandung zat yang dibutuhkan tubuh. Makan tempe setiap hari bahkan bisa membuat badanmu sehat dan tentunya tetap langsing.

1. Mengandung Probiotik
Kita perlu tahu bahwa tempe mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaa. Selain itu, studi tahun 2013 menunjukkan bahwa tempe efektif merangsang pertumbuhan Bifidobacterium atau bakteri yang menguntungkan.

2. Tinggi Protein, Bagus untuk Diet
Tempe juga tinggi akan protein. Dalam 166 gram tempe terdapat 31 protein. Pola makan yang banyak mengandung protein dapat membantu kita mengendalikan rasa lapar dan bagus untuk diet. Sebuah penelitian dilakukan di tahun 2004 pada pria obesitas yang mengonsumsi makanan tinggi protein termasuk berbahan kedelai. Hasilnya diet tersebut membantu mereka menurunkan berat bada.

3. Menurunkan Kolesterol
Tempe terbuat dari kedelai yang mengandung zat isoflavones. Isoflavones diasosiasikan dengan tingkat kolesterol. Sebuah studi pernah dilakukan untuk melihat pengaruh kedelai pada level kolesterol. Hasilnya, tempe memiliki efek melindungi hati dan mampu menurunkan kadar kelesterol.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Tempe juga mengandung kalsium yang cukup. Kalsium sendiri dibutuhkan tubuh untuk mencegah osteoporosis. Meskipun produk susu dianggap sebagai sumber kalsium terbaik, namun studi menunjukkan bahwa kalsium pada tempe juga sama besarnya seperti yang terkandung dalam susu.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads