TOPIK TERPOPULER

Pemenang Proyek Jalur Pedestrian Metro Tanjung Bunga Ada di Tangan Dinas PU

Vivi Riski Indriani
Pemenang Proyek Jalur Pedestrian Metro Tanjung Bunga Ada di Tangan Dinas PU
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada acara pematokan lahan Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga, Minggu (13/9/2020). Foto: Humas Pemprov Sulsel

MAKASSAR - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menjadi penentu siapa kontraktor yang akan memenangkan proyek jalur pedestrian Metro Tanjung Bunga Makassar. Saat ini tiga perusahaan yang lolos evaluasi telah diajukan ke Dinas PU untuk dipilih, salah satunya. Baca : Proyek Metro Tanjung Bunga Ditarget Selesai Tiga Bulan

"Kita sudah pilih tiga dan itu sudah kita usulkan ke pengguna anggaran (Dinas Pekerjaan Umum) untuk ditetapkan sebagai pemenang," ungkap Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kota Makassar, Fuad Azis kepada SINDOnews. kemarin.

Kata dia, ketiga perusahaan yang disodorkan ke Dinas PUĀ yakni PT Nindya Karya, PT Adhi Karya, dan PT Bumi Karsa. "Kita tinggal tunggu pemenang tender yang ditetapkan Dinas PU. Bisa sesuai jadwal, bisa juga cepat atau bisa juga lambat. Berdasarkan jadwal, pemenang tender diumumkan 29 September 2020," tuturnya.



Menurut Fuad, kontraktor yang ditetapkan sebagai pemenang tidak bisa langsung melakukan penandatanganan kontrak, sebab masih harus mengikuti masa sanggah yang jadwalnya sehari setelah pemenang tender diumumkan.

Kata Fuad, masa sanggah itupun memakan waktu selama sepekan. Namun, jika tidak ada masa sanggah maka prosesnya bisa dilanjutkan pada tahapan penandatangan kontrak agar bisa segera dilakukan kontruksi fisik. "Mudah-mudahan bisa berjalan sesuai jadwal dan tidak ada gagal tender karena waktunya sudah mepet," jelasnya Fuad.

Terpisah, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengaku tidak mempersoalkan siapa yang akan dipilih sebagai pemenang tender. Sebab, tender proyek ini terbuka untuk umum, tidak hanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetapi juga perusahaan swasta.

"Jadi BUMN boleh, swasta boleh, dan siapapun boleh sepanjang memenuhi syarat meski kita tahu akan ada satu yang ditunjuk sebagai pemenang," tandas Rudy. Baca Juga : Dua BUMN Kejar Proyek Metro Tanjung Bunga Senilai Rp127 Miliar

Data SINDOnews, pedestrian Metro Tanjung Bunga akan menjadi ikon baru Kota Makassar. Jalur pedestrian sepanjang 1,3 km ini akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti pedestrian dan jalur sepeda lebar 6,6 meter, jalur lambat 4,8 meter, jalur hijau 1 meter, jalan utama 9,6 meter dan jalur hijau 2 meter.

Pembangunan jalur pedestrian Metro Tanjung Bunga ini dinilai mampu mendorong roda perekonomian Kota Makassar. Apalagi, kawasan ini merupakan jalur penghubung antara Kota Makassar dengan daerah tetangga seperti Gowa dan Takalar. Baca Lagi : Jalan Metro Tanjung Bunga Akan Jadi Jalan Terlebar di Indonesia



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!