alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Tana Toraja Perkenalkan Brand Baru Kopi Toraya Maelo

Joni Lembang
Bupati Tana Toraja Perkenalkan Brand Baru Kopi Toraya Maelo
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae ajak masyarakat Sulsel minum kopi Toraja bersama di Festival Kopi 2018 pada rangkaian event pariwisata Kemilau Toraja 2018, Minggu (09/12/2018). Foto : Joni Lembang/SINDOnews

MAKALE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja memperkenalkan brand baru kopi toraja di festival kopi rangkaian event pariwisata Toraja bertajuk "Kemilau Toraja 2018" yang diselenggarakan di objek agro wisata Pango-pango kecamatan Makale, Minggu (09/12/2018).

"Pemkab Tana Toraja akan terus mendorong produksi kopi toraja lebih mendunia dan meningkatkan pendapatan masyarakat," ujar Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae saat membuka festival kopi.

Nico mengatakan semua produksi kopi toraja akan diberi brand "Kopi Toraya Maelo". Jika tidak ada aral melintang, kopi Toraja ini direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang.



Diakui Nico, kopi toraja sudah terkenal di dunia internasional. Kenikmatan dan cita rasa kopi toraja berbeda dengan kopi daerah lainnya. Bahkan, kopi toraja diklaim memiliki jenis tujuh aroma yang berbeda satu dengan yang lainnya.  

Meski begitu, produksi kopi toraja belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani dan pelaku usaha kopi di Toraja. Penyebabnya yakni nilai beli kopi langsung dari petani sangat murah sementara harga kopi di tingkat pengusaha kopi sangat tinggi.

"Perbedaan harga jual di tingkat petani kopi dengan pengusaha sangat jauh sehingga pendapatan petani kopi toraja belum bisa hidup sejahtera," jelas Nico.

Untuk diketahui, festival kopi toraja yang berlangsung selama dua hari (8-9 Desember 2018) juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Moh Roem.

"DPRD Provinsi Sulsel mendukung pengembangan kopi Toraja. Saya juga berharap event festival kopi bisa rutin dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan kopi toraja," ujar Roem.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook