alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

77 KK di Pulau Battoa Polman Belum Nikmati Air PDAM

Asrianto Suardi
77 KK di Pulau Battoa Polman Belum Nikmati Air PDAM
Jaringan distribusi air berasal dari bantuan Kementerian PUPR, namun manfaat air bersih belum dirasakan warga di Dusun Kapejang, Desa Tonyaman, Pulau Battoa, Kecamatan Binuang, Polman, Sulbar. Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Sedikitnya 77 kepala keluarga (KK) di Dusun Kapejang, Desa Tonyaman, Pulau Battoa, Kecamatan Binuang, Kabupatan Polewali Mandar (Polman), Sulbar, hingga sat ini belum dapat menikmati kebutuhan air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Padahal, program bantuan hibah dari Kementerian PUPR berupa pemasangan instalasi jaringan distribusi air hingga pemasangan kilometer PDAM berlangsung sejak tahun lalu. Namun, kondisi ini tetap saja menjadi keluhan masyarakat, air PDAM tak kunjung mengalir.

"Percuma dipasang kilometer, karena sejak dipasang, air tidak pernah mengalir sampai di sini," tutur warga setempat, Mariani, Minggu (09/12/2018).



Untuk memperoleh air bersih, warga setempat hanya mengandalkan air kemasan galon dan air sumur. Itupun diperolehnya dengan menyebrang ke kota kecamatan. Sementara air sumur diambil di atas bukit meski kandungan airnya tidak layak konsumsi, bau dan mengandung zat kapur.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Wai Tipalayo, Fadly Anwar mengaku pihaknya telah berupa agar masyarakat di Dusun Kapejang memperoleh air bersih. Hanya saja masih terkendala dengan tekanan air yang tidak mampu terdistribusi hingga ke pulau setempat.

"Kami sudah upayakan bak penampungan cuma belum maksimal karena bukan kita yang punya. Itu ada satuan kerjanya. Kami hanya mengusulkan ke satker," sebutnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook