alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Unik! Transaksi Jual Beli di Pasar Mammesa Dante Pine Gunakan Koin Benggolo

Aris Bafauzi
Unik! Transaksi Jual Beli di Pasar Mammesa Dante Pine Gunakan Koin Benggolo
Bupati Enrekang Muslimin Bando saat menghadiri pasar Mammesa di objek wisata alam Dante Pine Kecamatan Anggeraja. Foto : Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Kuliner jajanan khas daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi membelinya dengan uang koin kuno. Hal itu dilakukan di Pasar Mammesa di objek wisata alam Dante Pine, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Ratusan masyarakat berjubel antri menukar uang koin, kemudian membelanjakannya di pasar jajanan khas jajanan tersebut, tidak ketinggalan Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

"Ini luar biasa, seperti napak tilas masa lampau membayar menggunakan koin Benggolo. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri dalam pasar Mammesa yang cukup menjadi magnet ribuan wisatawan yang hadir," ujar Muslimin.



Ia mengaku sebelumnya telah menukar uang rupiah di bank Benggolo. Dengan uang Rp5000 mendapat 1 Benggolo. Untuk dibelanjakan dengan beragam kuliner khas Enrekang yang dijajakan disepanjang area masuk wisata Dante Pine.

"Ada yang jual Dangke, dan beragam kue khas Enrekang. Dan Benggolo yang Saya punya sudah Saya belanjakan dan Saya bagikan ke anak-anak. Sangat seru tentunya," tukas Muslimin.

Sementara itu, salah satu panitia, Ohe Syam Suarso metode jajan kuliner dengan uang Benggolo diharap bisa menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Dante Pine.

"Hanya kita kesulitan bahan baku untuk membuat koin Benggolo seperti layaknya asli, makanya kita buat dari bahan tripleks saja," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook