alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Honda Scoopy Irit dan Tangguh Jajal Esktrimnya Jalur Wisata Lappa Laona

Suwarny Dammar
Honda Scoopy Irit dan Tangguh Jajal Esktrimnya Jalur Wisata Lappa Laona
Pemilik Honda Scoopy mampu menjajal Kawasan Wisata Alam Lappa Laona, Kabupaten Barru, Sulsel. Melewati jalan terjal dan menanjak. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

BARRU - Hamparan padang Savana dengan keindahan alam pegunungan di atas ketinggian 1.000 Mdpl begitu terlihat nyata di depan mata.

Angin semilir terus berhembus ditengah teriknya matahari, tak terasa jalur sepanjang 162 kilo meter (km) dari Makassar ke Kabupaten Barru, tepatnya di Lappa Laona salah satu wisata kekinian di kabupaten ini mampu dilalui.

Menjangkau lokasi ini bukan perkara mudah, selain harus melintasi jalur berliku di daerah Bulu Dua perbatasan Kabupaten Barru dan Soppeng. Juga karena perlintasan mengakses dari jalur start memasuki kawasan wisata alam Lappa Laona begitu terjal dan menanjak.



Jalan yang dilalui tak mulus, harus melewati jalan tanah dan bebatuan dan jika kondisi kendaraan yang digunakan tak tangguh dan andal serta pengendaranya tak piawai bisa jadi hasrat untuk menjangkau lokasi urung.

Namun beruntung bagi, Firdaus Pangeran, 35, dengan mengandalkan Honda skutik Scoopy FI Stylish miliknya yang dibeli pada tahun 2016 mampu menembus jalur tersebut membawa istrinya menjajal keindahan wisata alam tersebut.

Jarak tempuh yang begitu cepat dapat dilaluinya, itu semua berkat mesin handal yang disematkan pada skuktik ini. Meskipun mesin skutik ini tergolong dalam kelas entry level yang menggunakan pilihan mesin paling kecil, yakni berkapasitas 108 cc namun tenaga skutik ini masih dapat diandalkan untuk jalanan perkotaan yang mempunyai karakter Stop and Go.

Namun, rupanya Scoopy Stylish miliknya dapat pula digunakan untuk menjajal jalan pedesaan dengan kontur tanah yang bebatuan dan tanjakan.

Menurutnya, Scoopy FI ini sangat irit bahan bakar, buktinya hanya dengan bermodal Rp50.000 menggunakan BBM Pertalite dengan jarak tempuh 162 km Pulang Pergi (PP) Makassar- Lappa Laona Barru dan sebaliknya bisa diselesaikan dengan baik.

Padahal, ungkapnya, beban yang dibawah sekitar 70 kg karena berboncengan bersama istri.Pun, jalan tanjakan jika kendaraan merek lain yang berboncengan harus membuat penumpangnya turun. Justru dengan Scooy FI Stylish miliknya itu tak terjadi.

Diakuinya, memang Scoopy tangguh karena untuk penyalur tenaga skutik yang memiliki transmisi otomatis ini menggunakan jenis transmisi V-Matic membuat penyaluran tenaga lebih halus dan maksimal. Sedangkan untuk penyuplai bahan bakar, spesifikasi Honda Scoopy FI menggunakan sistem Injeksi PGM-FI yang membuat berkendara lebih gesit dan irit.

“Scoopy F1 Stylish ini untuk 1 liternya saja dapat menempuh jarak yang cukup jauh yakni mencapai 59 km per liternya. Tentunya, ini menandakan jika produknya benar-benar irit,” terangnya.

Honda Scoopy Irit dan Tangguh Jajal Esktrimnya Jalur Wisata Lappa Laona
Kawasan wisata alam Lappa Laona, Kabupaten Barru, Sulsel/Muchtamir Zaide/SINDOnews


Hal serupa juga diakui Penasehat Scoopy Kota Daeng (Scootada), Irham Barham. Scoopy Karbu keluaran pertama miliknya 2011 masih awet hingga saat ini.

Irham mengaku jatuh hati pada Honda selain karena designnya bagus dan enak dimodifikasi dengan aneka penambamhan aksesoris juga sangat irit dan bisa diandalkan pada medan apapun.

Hal itu telah dibuktikannya dengan membawa si kuda besi kesayangannya itu menjajal jalur Jawa Barat Pangandaran  di mulai dari Makassar ke Surabaya Via Laut lalu dari Jawa Tengah ke lokasi kegiatan Honda Biker Day (HBD).

“Pada touring HBD di Jawa Barat benar-benar kendaraan ini sangat bisa diandalkan dan tidak rewel, sejak pertama kali saya beli sampai sekarang tidak pernah menyusahkan dan sangat irit,” paparnya.

Irham mengaku bangga bisa hadir dalam perhelatan yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan  mengajak para bikers meramaikan satu dekade Honda Bikers Day (HBD) pada Medio November 2018.

Ajang yang memperkuat solidaritas antar bikers Honda ini akan digelar di Pangandaran, Jawa Barat dengan diawali gelaran HBD regional di tiga pulau besar di Indonesia sebagai wadah untuk merangkul bikers Honda hingga penjuru Nusantara.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads