alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU RI Sebut Masyarakat Sudah Mulai Tolak Politik Uang

Luqman Zainuddin
KPU RI Sebut Masyarakat Sudah Mulai Tolak Politik Uang
Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU RI Viryan Aziz saat berada di kampus Unhas. Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU RI Viryan Aziz, menyebut jika pola prilaku masyarakat pemilih dari tiap edisi Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia semakin rasional, termasuk mulai meninggalkan politik uang.

"Salah satu tren terakhir, pada Pilkada 2017 dan 2018 menurut pengamatan kami secara langsung, maupun berbagai survei, prilaku pemilih salah satu yang menonjol, adalah semakin ditinggalkannya politik uang," ucap Viryan saat berada Universitas Hasanuddin (Unhas), Selasa (11/12/2018).

Menurut Viryan, kebanyakan masyarakat sudah tak mau lagi suaranya dipakai untuk memilih pemimpin yang tidak sesuai dengan keinginan.



"Memang mental masih berkembang sampai sekarang. Masih ada upaya-upaya, tapi masyarakat semakin rasional. Mereka tidak ingin suaranya dibeli, dengan hal yang bersifat materi yang mengorbankan akal sehat untuk memilih elit yang baik," sambung Viryan.

Viryan menyebut, jika hal tersebut sedikit banyak disumbangkan oleh perubahan kebijakan, regulasi pengaturan tata kelola Pemilu, akan menghasilkan prilaku politik yang baik. Menurut dia, penyelenggara Pemilu dan masyarakat harus bersama-sama membangun budaya politik yang baru.

Saat ini, kata Viryan, Indonesia sedang membangun budaya politik yang baru dengan melaksanakan pemilihan serentak, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pemilihan serentak kata dia, akan memberikan kekuatan bagi pemimpin terpilih.

"Kepemimpinan yang tangguh, apabila ada keterlibatan semakin banyak orang untuk memilih pemimpin tersebut," pungkas Viryan.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads