alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Solusi Masalah Pemuda, Pemerintah Hanya Jadi Fasilitator

Vivi Riski Indriani
Solusi Masalah Pemuda, Pemerintah Hanya Jadi Fasilitator
HENDRA HAKAMUDDIN. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar memberi kesempatan pada pemuda untuk mencari solusinya sendiri. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar memberi kesempatan pada pemuda untuk mencari solusinya sendiri.

Kepala Dispora Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, menjelaskan, pihaknya telah membentuk klinik pemuda di tiga kecamatan, yakni di Kelurahan Sambung Jawa di Kecamatan Mamajang, Kelurahan Camba Beru di Kecamatan Ujung Tanah, dan Kelurahan Bulogading di Kecamatan Ujung Pandang.

Klinik ini bertujuan untuk memgatasi setiap persoalan kepemudaan yang terjadi di masing-masing kecamatan. Seperti, narkoba, balap liar, isap lem, dan masalah sosial lainnya.



Kata Hendra, dalam kegiatan ini pemerintah bertindak sebagai fasilitator. Klinik ini melibatkan pemuda sebagai penyelenggara, merangkul seluruh pemuda diwilayahnya agar terhindar dari perbuatan buruk yang bisa merugikan diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi klinik ini, dia (pemuda) yang cari (apa) masalahnya tapi dia juga yang cari solusinya. Kita (pemerintah) hanya fasilitator, kalau masalnya narkoba kita fasilitasi dengan memberikan konsuler sehingga bisa menekan tindak penyalahgunaan narkotika," jelasnya.

Dia menilai klinik ini sangatlah efektif dalam mengatasi setiap persoalan sosial yang dihadapi pemuda. Di Sambung Jawa misalnya, sudah banyak pemuda yang dirangkul untuk bisa mengikuti kegiatan-kegiatan positif.

"Di Sambung Jawa bisa kita katakan berhasil. Disana itu masalahnya narkoba dan isap lem, tapi setelah kita berikan wadah alhamdulillah mereka bisa meninggalkan kegiatan buruknya," terangnya.

Meski baru tiga yang terbentuk, namun Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Achmad Hendra Hakamuddin menargetkan akan memassifkan klinik ini di 15 kecamatan, 2019 nanti.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook