alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bangun Kerjasama, Pemkab Enrekang Pasok Sayuran ke Samarinda

Aris Bafauzi
Bangun Kerjasama, Pemkab Enrekang Pasok Sayuran ke Samarinda
Pemerintah Kabupaten Enrekang menandatangani MoU untuk memasok sayuran ke Samarinda. Foto: Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Petani di Enrakang bisa bernafas lega, pasalnya hasil pertanian mereka akan dipasok ke Kalimantan khususnya di Kota Samarinda.

Itu setelah Pemerintah Kabupaten Enrekang melalui Bupati Enrekang Muslimin Bando, meneken kerjsama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Kalimantan timur, saat berkunjung ke Kabupaten Enrekang.

Muslimin Bando mengatakan, kedatangan rombongan Pemkot menjadi angin segar dalam meningkatkan kesejahteraan petani.



"Enrekang memang adalah pemasok sayuran terbesar ke Kalimantan, termasuk Kota Samarinda dan daerah lainnya di Kalimantan. Namun selama ini, sangat disayangkan harga sayuran di Kalimantan cukup tinggi, padahal harga yang didapat dari petani sayuran sangat murah," ujar Muslimin.

Untuk itu, jalinan kerjasama yang ditandai dengan meneken memorandum of understanding (MOU) diharapkan kedepannya, terjalin sinergi yang baik terkait pasokan sayuran demi harapan adanya saling ketergantungan positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat didua daerah tersebut.

Rombongan Pemkot Samarinda juga mengunjungi sejumlah perkebunan sayuran seperti kol dan cabe di kecamatan Baroko serta terminal agro sayuran di kecamatan Alla yang akan dipasok kesejumlah daerah termasuk Kalimantan.

"Saya tanya ke pedagang di Samarinda, kenapa mahal. Dan katanya mahal karena mereka juga dapatkan dari pemasok dengan harga tinggi. Dan yang terjadi harga dari petani sangat murah. Ini kan ada kesenjangan. Makanya kami jalin sinergi dengan pemkab Enrekang bagaimana dalam membahas pendistribusian demi harapan petani dapat harga layak," Ujar Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang.

Syaharie menyadari geografis Samarinda tidak cocok untuk pertanian sayur. Hingga langkah berkunjung langsung ke daerah asal sayuran, adalah keputusan tepat. Usai mengunjungi terminal Agro, rombongan Pemkot juga menyempatkan ke objek wisata Dante Pine sebelum bertolak kembali ke Samarinda.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads