TOPIK TERPOPULER

Akhir Oktober Hasil Seleksi CPNS Diumumkan, Desember Mulai Aktif Bekerja

Syachrul Arsyad
Akhir Oktober Hasil Seleksi CPNS Diumumkan, Desember Mulai Aktif Bekerja
Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 lingkup Pemprov Sulsel dijadwalkan berlangsung pada akhir bulan Oktober 2020. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 lingkup Pemprov Sulsel dijadwalkan berlangsung pada akhir bulan Oktober 2020. Usai pengumuman, selanjutnya diikuti dengan pemberkasan, pengusulan Nomor Induk Pegawai, dan mulai aktif bekerja pada Desember tahun ini. Baca : SK Pengangkatan Tak Kunjung Terbit, CPNS 2018 Tana Toraja Mengadu ke Sekkab

"Insyaallah, akhir Oktober diumumkan pengumuman hasil seleksi. Menyusul November pemberkasan untuk pengusulan NIP (nomor induk pegawai)," ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jausi kepada SINDOnews.

Kata Dia, untuk pengumuman hasil seleksi ini akan dilakukan oleh panselnas melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN).



Diketahui, ada 489 peserta yang sebelumnya berhak ikut SKB CPNS. Namun 465 diantaranya memilih lokasi ujian di UPT Potensi dan Kompetensi BKD Sulsel. Pelaksanaan ujian digelar selama dua hari sejak Sabtu-Minggu, 5-6 September 2020.

Dari ujian di lokasi itu, ada satu peserta yang otomatis digugurkan. Pasalnya, kata Imran, yang bersangkutan terlambat mengikuti tes. Lalu, ada 24 peserta lainnya mengikuti ujian di luar Sulsel yang tersebar di kantor regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Mereka yang memilih lokasi tes di luar Sulsel, jadwal ujiannya pun berbeda-beda. Namun, baru-baru ini semua tahapan sudah berakhir. "Alhamdulillah, mereka yang tes di luar hadir semua," papar dia.

Pemprov Sulsel pada seleksi CPNS tahun anggaran 2019 hanya menerima kuota 195 formasi. Formasi ini terdiri atas formasi khusus cumlaude dengan alokasi 4 formasi, sedangkan khusus disabilitas sebanyak 4 formasi pula. Sementara formasi umum, ada 187 formasi yang terdiri dari tenaga kesehatan 74 formasi, tenaga teknis 113 formasi. Baca Juga : Peserta SKB CPNS Luwu Utara Diimbau Tidak Percaya Calo

Hasil tes SKB para peserta akan diranking kembali berdasarkan nilai tertinggi. Dengan mengacu pada aturan tiga kali formasi, untuk mengisi kuota formasi yang disediakan. "Kalau dia rangking 1, dengan satu formasi yang disediakan kan aman. Kalau dua formasi, ada yang ranking 2, aman juga. Cuma nanti ada pengumuman resmi oleh BKN," urai dia.

Dia menambahkan, rencananya setelah pengumuman dan pengusulan NIP, CPNS bakal mulai aktif bekerja mulai Desember mendatang. "Insyaallah CPNS kita mulai aktif terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Desember 2020," jelas Imran.

Sementara Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Harun Arsyad menambahkan, pihaknya akan melakukan rekon data terkait hasil SKB lebih dulu. Jika semua instansi daerah dibawah kewenangannya merampungkan semua tahapan akhir.

"Ini nanti akan kita umumkan secara serentak. Karena kan masih ada beberapa daerah di Sulsel yang masih melaksanakan SKB. Kemungkinan minggu ketiga kita rekon data, terus pengumuman hasil seleksi di minggu keempat, atau akhir Oktober," ungkap Harun. Baca Lagi : Peserta Lolos CPNS Formasi 2019 Diumumkan Awal Oktober

Berdasarkan surat BKN bernomor: K 26-30/V/ 116-4/99 tentang jadwal pelaksanaan seleksi CPNS tahun anggaran 2019 sebelumnya, ditulis pengumuman hasil seleksi SKB dilakukan 30 Oktober 2020. Sementara jadwal pengusulan penetapan NIP rencananya dimulai sejak 1-30 November 2020.



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!