alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masyarakat Luwu Mulai Dilarang Timbang Gabah di Malam Hari

Chaeruddin
Masyarakat Luwu Mulai Dilarang Timbang Gabah di Malam Hari
Ilustrasi/SINDOnews

BELOPA - Bupati Luwu, Andi Mudzakkar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas penimbangan gabah di malam hari melalui surat edaran yang diteruskan kepada seluruh camat.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Luwu, Hj Wahida, surat edaran yang diterbitkan bupati merujuk pada undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

"Ini pula dalam rangka tertib ukur takar timbang dan perlengkapannya. Oleh karena itu surat edar yang ditandatangani langsung oleh Opu (Bupati Luwu) mengimbau kepada para camat untuk memantau jual beli gabah di wilayah masing-masing," katanya, Minggu (16/12/2018).



Adapun larangan aktifitas penimbangan ini dimulai pada pukul 17.00 WITA setiap harinya. Untuk itu, kata Wahida seluruh camat untuk intens melakukan pengawasan terhadap pengusaha dan pedagang gabah di wilayahnya masing-masing.

Apalagi dari data dinas perdagangan, kerap ditemukan pelanggaran penimbangan pada malam hari.

"Maksud dan tujuan dari surat ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada konsumen atau petani terhadap pengusaha yang culas. Jika penimbangan dilakukan pada malam hari dikhawatirkan ada kekeliruan dalam proses penimbangan," jelasnya.

"Kami banyak temukan di beberapa kecamatan seperti di daerah Walmas, Kecamatan Bua, wilayah Padang Sappa, Cilallang, Seppong dan Larompong," sambung Wahida.



(bds)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook