alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Sulsel : Pelanggaran Administrasi Masih Dominan

Luqman Zainuddin
Bawaslu Sulsel : Pelanggaran Administrasi Masih Dominan
Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf. Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel merilis data penanganan pelanggaran tahapan Pemilu 2019 per -14 Desember. Dari data itu, jumlah penanganan pelanggaran, masih didominasi persoalan administrasi.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf menerangkan jika total ada 197 dugaan pelanggaran yang ditangani pihaknya sejak tahapan Pemilu dimulai. Masing-masing 24 dugaan pelanggaran berbentuk laporan, serta 173 temuan.

Dugaan-dugaan pelanggaran itu kemudian diregistrasi dan dikategorisasi. Pelanggaran administrasi ada sebanyak 158 kasus, yang didominasi pelanggaran APK sebanyak 143 kasus, dan pelanggaran administrasi lainnya sebanyak 16 kasus.



Azry menerangkan, dalam rekapitulasi tersebut, pihaknya juga merangkum penanganan dugaan pelanggaran kode etik, serta pidana Pemilu di Kabupaten Takalar, yang melibatkan oknum kepala desa. Adapun pelanggaran tersebut, sejauh ini sudah putus di Pengadilan Negeri (PN) setempat.

"Penanganan itu semua selama tahapan Pemilu berlangsung. Pelanggaran administrasi yang berkaitan dengan Alat Peraga Kampanye (APK). Yang banyak menyumbang angka pelanggaran di situ APK. Yang bukan itu, hanya 16," jelas Azry, Senin (17/12/218).

Jika melihat angka-angka sementara tersebut, Azry menyebut ada tren penurunan angka pelanggaran, jika dibandingkan edisi Pemilu sebelumnya. Di sisi lain, Azry juga menyebut jika data tersebut menunjukkan adanya keaktivan pengawas Kepemiluan.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads