alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Manusia Paling Sempurna, Seluruh Anggota Tubuh Rasulullah adalah Mukjizat

Sri S Syam
Manusia Paling Sempurna, Seluruh Anggota Tubuh Rasulullah adalah Mukjizat
Sejumlah mukjizat lain yang dimiliki Rasulullah, bahkan setiap anggota tubuh manusia paling sempurna ini adalah sebuah mukjizat. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Rasulullah Muhammad SAW merupakan manusia spesial yang diutus Allah SWT bagi semesta alam. Tanggung jawab beliau dalam menyampaikan risalah Allah kepada umatnya tentu menjadi tugas yang teramat berat.

Baca : Pedang Zulfikar Milik Rasulullah : Satu Senjata Terkuat di Muka Bumi Ini

Tidak heran jika Allah SWT memberikan banyak kelebihan kepada Nabi. Hal ini serta merta menunjukan kebersarannya sebagai orang spesial bagi Allah, dan membuat manusia semakin yakin bahwa benar beliau merupakan manusia terpilih.

Jika sebelumnya hanya dua mukjzat yang dimiliki Rasulullah Muhammad SAW yakni Al Quran dan Hadist, maka dalam uraian ini dijelaskan sejumlah mukjizat lain yang dimiliki Rasulullah, bahkan setiap anggota tubuh manusia paling sempurna ini adalah sebuah mukjizat.



1. Mukjizat pada Kepala
Salah satu mukjizat yang tampak dari atas kepala Nabi Muhammad SAW adalah selalu dinaungi awan. Sehingga meskipun kondisi arab yang begitu panas, tidak turut membuat sang Nabi kepanasan. Ternyata hal ini terjadi sejak Nabi masih kecil, sebelum masa kenabiannya dan setelah menjadi Nabi. Pada masa kecilnya, Nabi pernah diajak oleh sang paman, Abu Thalib pergi ke negeri Syam untuk berdagang.

Disana ternyata ada pendeta yang mengenali ciri kenabian Rasulullah SAW. Salah satunya adalah selalu dinaungi awan ketika beliau berjalan. Daru Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

“Abu Thalib pergi ke Syam (untuk berdagang), dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ikut bersama beberapa pemuka Quraisy. Tatkala mereka sampai di tempat Rahib, mereka singgah dan meletakkan perbekalan mereka. Kemudian Rahib itu keluar menemui mereka... Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan di atas beliau ada awan yang menaungi beliau,” (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

2. Mukjizat pada Mata
Beliau dapat melihat apa yang ada di belakang seperti halnya beliau melihat apa yang ada di depan. Sehingga tanpa melihat ke belakang, beliau tetap tahu apa yang dikerjakan dibelakangnya. Dari Abu Hurairah yang bercerita bahwa Rasulullah saw bersabda: “Apakah kalian menyangka bahwa posisiku di sini dan di sini, demi Allah tidak terhalang dari penglihatanku ruku’ kalian ataupun sujud kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat apa yang ada di belakang punggungku.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mukjizat pada Telinga
Keajaiban lain pada tubuh Rasulullah SAW adalah di telinganya. Beliau mampu mendengar meski dalam kondisi tidur.

4. Mukjizat pada Tangan
Mukjizat pada tangan Nabi ini pun tertulis dalam Alquran surat Al-Qamar. Beliau mampu membelah bulan menjadi dua bagian Peristiwa ini terjadi sewaktu Rasulullah SAW masih berada di Mekkah. Orang-orang kafir Quraisy datang menantang Rasulullah SAW, apakah Ia mampu membelah bulan? Jika bisa maka mereka akan beriman dalam Islam.

Tangan itu juga yang memancarkan air dari jari-jarinya hingga para sahabat meminum darinya. Dan sering kaum ibu memintakan doa untuk anak-anak mereka, Rasulullah memasukkan jari telunjuknya ke air dan air tersebut menjadi obat. Ibu Abu Ayyub Al-Anshori yang buta dapat melihat kembali setelah diusap oleh tangan Rasulullah saw.

5. Mukjizat pada Kaki
Jabir bin Abdillah Al-Anshori pernah mengeluh kepada Rasulullah bahwa air sumur didaerahnya tak bisa diminum, rasanya getir dan pahit. Kemudian Rasul meminta sebuah wadah. Beliau mencuci kakinya di wadah tersebut dan menyuruh Jabir untuk menuangkan air bekas cucian itu ke sumur. Spontan sumur itu menjadi tawar dan segar.

6. Mukjizat pada Punggung
Tertulis Khotamun Nubuwah di punggung beliau yang bertuliskan La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah.

7. Mukjizat pada Lisan
Seorang wanita dari dusun yang pernah memakan sisa makanan dari mulut Rasulullah diriwayatkan tidak pernah mengalami sakit hingga akhir hayatnya.

8. Mukjizat pada Ludah
Sering para sahabat meminta beliau untuk memberikan ludah ke dalam air karena ludah suci itu menjadi obat bagi orang-orang yang sakit. Beliau juga pernah mengusapkan ludah ke mata Imam Ali yang sedang sakit di Perang Khaibar. Dan diriwayatkan bahwa mata itu langsung sembuh. Kemudian Imam Ali pun berkata bahwa mata yang pernah diusap oleh Rasulullah jauh lebih jelas dari mata yang tidak diusap.



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak