alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPK Ungkap 28 Kasus OTT di 2018, Jerat 108 Tersangka

Raka Dwi Novianto
KPK Ungkap 28 Kasus OTT di 2018, Jerat 108 Tersangka
Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil mengungkap 28 kasus operasi tangkap tangan (OTT) sepanjang tahun 2018 dengan menjerat 108 tersangka.

Ini menjadi momen bersejarah bagi lembaga anti rasuah lantaran jumlah pengungkapan kasus terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, jumlah kasus belum terakumulasi dengan kasus OTT di Kementerian Pemuda dan Olahraga (KPK) pada Selasa 18 Desember malam lalu.



"Jumlah kasus tangkap tangan di tahun 2018 ini telah melampaui tahun sebelumnya dan merupakan terbanyak sepanjang sejarah KPK berdiri," ungkanya dalam konferensi pers mengenai capaian dan kinerja KPK selama tahun 2018 di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

"Dari 28 kasus tersebut, KPK telah menetapkan 108 orang sebagai tersangka dengan beragam profil tersangka, mulai dari anggota legislatif, aparat penegak hukum hingga kepala daerah," sambungnya.

Lebih lanjut, pengungkapan kasus OTT diakui merupakan pintu masuk pengusutan kasus lainnya disinyalir melibatkan pelaku lain.

Seperti pada kasus OTT yang menjerat sejumlah kepala daerah, sebut saja Zumi Zola, Yahya Fuad, Irwandi Yusuf, hingga Zainudin Hasan. Ternyata saat dilakukan penyidikan lebih lanjut, terungkap kasusnya sangat besar meski pada saat OTT hanya sejumlah uang kecil yang disita.

"Dari OTT tersebut pula, tidak jarang menjadi pintu masuk untuk menjerat dugaan tindak pidana penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang," kata Saut.

"Yang dalam penyidikan dan persidangan terungkap memiliki sejumlah aset yang sangat besar yang diduga diperoleh dari tindak pidana korupsi," tambah dia.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook