alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pascagempa 4,2 SR, Warga di Kabupaten Wajo Masih Alami Trauma

M Reza Pahlevi
Pascagempa 4,2 SR, Warga di Kabupaten Wajo Masih Alami Trauma
Ilustrasi/SINDOnews

WAJO - Gempa tektonik yang terjadi di Kabupaten Wajo Senin, (17/120/2019) lalu, masih menyisahkan trauma terhadap warga.

Gempa tektonik berkekuatan 4,2 SR di koordinat 3.75 LS-120.30 BT, berlokasi di darat pada jarak 7 km utara Kecamatan Keera di Desa Lompoloang dan di desa Simpellu Kec Pitumpanua Kabupaten Wajo pada kedalaman 7 Km.

Dari informasi yang dihimpun, Kamis (20/12/18), sejak awal terjadinya gempa, tercatat ada 23 kali getaran yang terjadi dan sampai hari ini getaran dan suara gemuruh masih di rasakan oleh masyarakat. Sehingga membuat sebagian masyarakat mengungsi dari tempat tinggalnya.



Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Wajo, Alamsyah mengatakan, sampai detik ini masyarakat setempat masih merasakan getaran-getaran kecil. pihak BPBD Wajo sampai saat ini intens melakukan komunikasi untuk memantau perkembangan gempa.

Saat ini tim reaksi cepat dari BPBD Wajo sudah berada di lokasi gempa untuk meredam kepanikan masyarakat dan membantu dalam pemulihan trauma masyarakat.

"Kami paham kejadian di palu sangat menimbulkan trauma bagi masyarakat, tetapi saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik, serta selalu siap siaga menyikapi kondisi-kondisi yang terjadi," katanya.

Sampai saat ini kami terus melakukan identifikasi, sosialisasi dan menyebarkan brosur kepada masyarakat agar tidak panik menyikapi kejadian ini, karena gempa yang terjadi itu hanya gempa lokal.

"Semalam kami berdiskusi bersama BMKG Wilayah IV Makassar, sampai saat ini ia belum mengetahui asal gempa tersebut, sesar Saddang atau Sesar Walannae, kami belum tahu pastinya, namun saya rasa ini hanya gempa lokal saja," katanya.

Akibat dari gempa tektonik tersebut, kerusakan yang ditimbulkan tidaklah terlalu signifikan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo mencatat, 1 masjid dan 1 rumah warga mengalami rusak ringan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads