alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Sulsel Resmikan Desa Sadar Demokrasi di Jeneponto

Luqman Zainuddin
Bawaslu Sulsel Resmikan Desa Sadar Demokrasi di Jeneponto
Bawaslu Sulsel kembali meresmikan desa di Kabupaten Jeneponto menjadi desa sadar demokrasi. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meresmikan desa sadar demokrasi di Desa Kareloe, Kecamatan Bontoramba kabupaten Jeneponto, Kamis (20/12/2018). Ini menambah deretan desa sadar demokrasi yang sudah diresmikan.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi menjelaskan, pihaknya menyasar desa-desa untuk mendorong partisipasi aktif mengawal proses Pemilu. Sehingga simpul-simpul masyarakat yang memiliki kesadaran bersama mengawal dengan baik proses demokrasi, bisa tumbuh.

"Pemilu adalah bentuk perwujudan kedaulatan, sehinggga rakyatlah yang memiliki kuasa menentukan siapa yang cocok dan baik mengurus negeri ini, siapa yang cocok dan pantas dipilih untuk mewakili dan bertindak atas nama rakyat di lembaga legislatif," kata Laode dalam keterangan resminya Kamis, (20/12/2018).



Oleh karena itu, kata Laode, mesti didorong agar hak kedaulatan benar-benar digunakan dengan baik, tidak dikebiri oleh mereka dengan tindakan yang merusak nilai demokrasi. Seperti politik uang, politisasi SARA, provokasi, intimidasi, dan berbagai bentuk kecurangan lainnya.

"Sehingga rakyat bertindak bukan atas dasar kesadaran dan pertimbangan sendiri, tetapi karena intinidasi, iming-iming materi dan yang lainnya. Sehingga Bawaslu menggandeng berbagai pihak untuk mendorong kesadaran politik warga yang baik," katanya.

Laode menyadari, jika pemerintahan di tingkat desa adalah posisi yang strategis. Sebab desa dan perangkatnya adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakatnya. Sehingga, pihaknya mengajak kepala desa maupun lurah dan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda untuk bersama-sama mewujudkan harapan tersebut.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads