alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aset 43 OPD Pemkab Enrekang Dimusnahkan Bernilai Ratusan Miliar

Aris Bafauzi
Aset 43 OPD Pemkab Enrekang Dimusnahkan Bernilai Ratusan Miliar
Pemusnahan aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang dengan cara dibakar di belakang Kantor Bupati Enrekang, Jumat (21/12/2018). Foto : Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang memusnahkan sejumlah aset atau barang inventaris berupa mobilier milik 43 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sekolah-sekolah.

Pemusnahan ini baru pertama kalinya berlangsung bertempat di belakang Kantor Bupati Enrekang, Jumat (21/12/2018). Ada pun nilai barang yang dimusnahkan mencapai kurang lebih miliaran rupiah.

"Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi beban biaya perawatan pada barang yang memang tak punya manfaat lagi. Jadi dengan cara pemusnahan maka pemkab akan terlepas dari pencatatan," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Enrekang, Syafruddin.



Menurutnya, nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp100 miliar. Jika tidak dimusnahkan maka akan menjadi persoalan karena minimnya gudang penyimpanan barang atau aset tak layak fungsi.

"Ini barang telah rusak, tak bermanfaat lagi. Dan tak bisa dibuang begitu saja, karena sampai kapan pun tetap masuk pencatatan. Pemusnahan ada beberapa cara dan salah satunya adalah dibakar," jelas Syafruddin.

Aset yang dimusnahkan ini diketahui tidak semua berasal dari OPD dan seluruh kecamatan. Disarankan agar pemusnahan dilakukan di tempat masing-masing OPD karena terkendala transportasi jika harus diangkut di satu tempat.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads