alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penderita Katarak di Gowa Capai 750 Orang, Tertangani 496 Pasien

Herni Amir
Penderita Katarak di Gowa Capai 750 Orang, Tertangani 496 Pasien
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramitha Adnan saat mengunjungi pasien penderita operasi katarak di RSUD Syekh Yusuf, Sungguminasa, Gowa, belum lama ini. Foto : Herni Amir/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mencatat sedikitnya jumlah masyarakat penderita penyakit katarak mencapai 750 orang atau 0,1 persen dari jumlah penduduk di tahun 2018.

Meski demikian, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf berhasil melayani kurang lebih 496 pasien operasi penyakit katarak.

"Kita baru berhasil mengcover sekitar 496 pasien. Kita harapkan dari potensi 200 ini juga segera tertangani. Karena itu jika ada tanda-tanda silahkan laporkan ke petugas kesehatan terdekat," kata Direktur RSUD Syekh Yusuf, dr Salahuddin, Minggu (23/12/2018).



Menurut Salahuddin, Pemkab Gowa sangat konsisten dalam memberantas gangguan penglihatan tersebut dengan melibatkan peran serta aktif lintas sektoral.

Pada program pencegahan dan pengendalian gangguan penglihatan, Pemkab Gowa juga melakukan peningkatan kapasitas petugas kesehatan, diantaranya dokter, perawat dan bidan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, untuk mencegah hingga menangani masyarakat penderita katarak, pihaknya intens melakukan sosialisasi menyampaikan pentingnya kesehatan mata.

"Mata adalah jendela dunia, jadi kita lakukan agar masyarakat bisa lebih menjaga kesehatan matanya. Dan di lain sisi pastinya kita bisa mengurangi penyakit katarak di Gowa," singkatnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook