alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketua DPRD Palopo Beberkan Kunci Sukses Masyarakat Jepang

Chaeruddin
Ketua DPRD Palopo Beberkan Kunci Sukses Masyarakat Jepang
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo, Harizal A Latief. Foto: Chaeruddin/SINDOnews

PALOPO - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo, Harizal A Latief, berbagi ilmu hasil kunjungan kerjanya bersama Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, di Jepang beberapa waktu lalu.

Kepada sejumlah staf di DPRD Palopo, politisi Partai Golkar ini mengungkapkan rahasia majunya negara Tirai Bambu dalam kurun waktu 73 tahun pasca hancur karena bom pada 6-9 Agustus 1945 lalu.

"Saya melihat orang Jepang fokus dalam mengerjakan sesuatu serta disiplin. Mereka sangat menghargai waktu, tidak ada waktu yang sia-sia dan ini sudah menjadi budaya bagi orang Jepang," kata Harizal.



Dijelaskan bahwa, masyarakat di Jepang bekerja secara fokus dalam menggeluti suatu usaha. Sangat jarang bahkan tidak ada yang nyambi dari pegawai birokrasi juga sebagai petani.

"Mereka fokus di satu bidang saja. Kalau dia petani, disitu dia serius, nelayan maka disitu dia sirius," katanya. Lanjut Harizal menyebutkan, majunya ekonomi masyarakat Jepang juga ditunjang oleh SDM dan teknologi.

Dicontohkan Ketua DPRD Palopo di bidang perikanan dikelolah dengan menggunakan teknologi canggih. Bahkan, di Jepang sudah lama menjalankan budidaya ikan tuna, kerapu dan kakap melalui teknologi keramba jaring apung.

"Nelayan di Jepang sudah mampu membudidayakan ikan komoditas ekspor seperti ikan kakap, kerapu dan ikan tuna. Tetap menggunakan tenaga manusia dan dibantu oleh teknologi canggih," ujarnya.

Disamping budaya disiplin dan fokus, Jepang memang ditunjang oleh teknologi yang modern dan canggih serta didampingi oleh ahli yang memiliki SDM bagus.

"Selain melihat proses budidaya ikan, kami dalam rombongan bersama Pak Gubernur juga diajak melihat kebun jeruk tanpa biji," katanya.

"Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Jepang bisa membuat hal yang mustahil menjadi mungkin. Masyarakat dan pemerintah kita juga mampu melakukan hal demikian, tentunya dengan menjaga beberapa prinsip kerja, fokus, disiplin, utamakan kualitas bukan kuantitas dan menguasai ilmunya bidang yang digeluti," ujarnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads