alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Didesak Bayar Utang, BPJS Kesehatan : Kami Upayakan Secepatnya

Chaeruddin
Didesak Bayar Utang, BPJS Kesehatan : Kami Upayakan Secepatnya
Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruangan Komisi I DPRD Palopo membahas utang BPJS Kesehatan kepada sejumlah rumah sakit di Palopo. Foto : Chaeruddin/SINDOnews

PALOPO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Palopo didesak segera melunasi utang tunggakan ke RSUD Sawerigading. Ketua Komisi I DPRD Palopo, Abdul Jawad, mengatakan desakan dilakukan lantaran dikhawatirkan tunggakan itu bisa berdampak pada pelayanan kesehatan di tahun 2019 nanti.

"Rumah sakit wajib memberikan pelayanan kepada pasien, jika biaya mereka tidak ada tentu pelayanan bisa terhenti dan yang dirugikan adalah masyarakat. Agar ini tidak terjadi, BPJS Kesehatan harus secepatnya memberikan hak rumah sakit," tegas Abdul Jawad saat rapat yang menghadirkan BPJS Kesehatan dan magement RSUD Sawerigading, Kamis (27/12/2018).

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, sejauh ini Pemkot Palopo telah menganggarkan dana untuk membiayai iuran BPJS Kesehatan warganya agar tidak terkendala dalam menerima pelayanan kesehatan.



Iuran ini lanjut Jawad rutin dibayarkan oleh pemerintah ke BPJS Kesehatan. Sehingga kata dia, BPJS Kesehatan juga tidak ada alasan untuk menunda pembayaran ke rumah sakit.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) RSUD Sawerigading, Nasaruddin Nawir, mengungkapkan utang tunggakan BPJS Kesehatan periode Maret-Juli masih menyisahkan Rp1,8 miliar.

"Sementara tunggakan bulan Agustus-September mencapai Rp15,9 miliar. Tunggakan Agustus sudah jatuh tempo, tunggakan September jatuh tempo pada akhir Desember ini," jelasnya.

Desi Adriani Lubis, Kabid Penkeu BPJS Kesehatan Kota Palopo didampingi Nuryanti Kabid PMR BPJS Kesehatan, berjanji untuk segera menyelesaikan tunggakan mereka.

"Kami akan upayakam secepatnya bisa terselesaikan. Laporan utang ini juga telah kami sampaikan ke BPJS di pusat," pintanya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads