alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Astaga, Proyek Kereta Api Disebut Penyebab Banjir Besar

Muhammad Subhan
Astaga, Proyek Kereta Api Disebut Penyebab Banjir Besar
Bupati Barru, Suardi Saleh menduga salah satu penyebab banjir besar yang melanda Kabupaten Barru pada Jumat (28/12/2018) adalah proyek pembangunan rel kereta api (KA). Foto: Muhammad Subhan/SINDOnews

BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menduga salah satu penyebab banjir besar yang melanda Kabupaten Barru pada Jumat (28/12/2018) adalah proyek pembangunan rel kereta api (KA).

Hal ini disampaikan Suardi kepada Wakil Gubernur Sulsel, Andi Amran Sulaiman yang berkunjung ke Barru,di Posko Penanggulagan Bencana, Islamic Centre Barru, Sabtu (29/12/2018).

Suardi menjelaskan, tak adanya saluran air dari disekitar jalur kereta api membuat air dari arah pegunungan yang berada disepanjang timur Kabupaten Barru mengalir ke sungai dan membuat sungai meluap.
Menurutnya, potensi banjir besar akibat proyek rel KA di Barru sudah terlihat sejak tahun lalu.



"Tahun lalu sudah banjir. Saya langsung minta satker perkeretaapian untuk menambah gorong-gorong. Sudah mereka tambah, tapi jumlahnya masih jauh dari cukup," papar Suardi.

Ia juga mengeritik jalur dibawah rel KA atau underpass. Menurutnya underpass yang dibangun saat ini tidak layak karena menjadi kubangan air setiap hujan.

Menanggapi hal ini Wagyb Amran Sulaiman mengahak Pemkab Barru untuk melakukan kajian tentang pembangunan rel KA tersebut. Hal itu kata Amran penting sebagai masukan agar bencana serupa tak lagi terjadi ditahun-tahun mendatang.

"Kalau perlu kira join study membuat kajian tentang hal ini. Karena air yang massif dari gunung tertahan oleh rel KA. Posisi kita bukan menolak kebijakan nasional tapi memberi masukan agar tak memberi ekses negatif kepada warga," ucapnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook