alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bertemu Gubernur, Wakapolda Sulsel Mengaku Siap Bekali Satpol PP

Tim Sindonews
Bertemu Gubernur, Wakapolda Sulsel Mengaku Siap Bekali Satpol PP
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Adnas. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel berencana menggelar kegiatan pembekalan untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pembahasan terkait kegiatan tersebut dilakukan Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Adnas bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumiharjo.

"Tentu pembekalan kepada SDMnya Satpol oleh kepolisian, nanti ada bentuk pembekalan dalam kerjasamanya, mungkin pelatihan," ungkap Kepala Kesbangpol Sulsel Asmanto Baso Lewa yang hadir dalam pertemuan tersebut.



Lebih lanjut Asmanto menuturkan bahwa Polda dan Pemprov akan mempererat sinergitas di masa-masa yang akan datang.

"Intinya adalah dia (pertemuan) lebih fokus pada pengefektifan kerja sama dengan Satpol dalam rangka pengembangan SDM Satpol. Dan tentu terkait dengan materi-materi fungsi dan tugasnya masing-masing," jelas Asmanto.

Dijelaskannya, Satpol satu tugasnya, penegakan hukum terhadap kewenangan dia, yakni itu peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada). Dalam hal kewenanganya Satpol dalam proses itu, ujungnya tidak ada penindakan hukum, jika ada penindakan hukum ditangani oleh pihak kepolisian. Bentuk-bentuk kerja sama ini yang akan diperdalam ke depan.

Pemetaan fungsi dan kewengan dapat dilakukan dan dikoordinasikan. Termasuk saat bertugas di lapangan. Satpol PP salah fungsinya adalah penegakan Perda dan untuk menjaga ketertiban yang menjadi kewenanganya itu yang harus disinergikan dengan kepolisian.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads