TOPIK TERPOPULER

Pembongkaran Stadion Mattoanging Ditawar Minimal Rp1,2 Miliar

Syachrul Arsyad
Pembongkaran Stadion Mattoanging Ditawar Minimal Rp1,2 Miliar
Lelang pembongkaran stadion Mattoanging segera dilakukan dengan nilai tawar Rp1,2 Miliar. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Tahapan lelang pembongkaran Stadion Mattoanging kembali bergulir. Pemprov Sulsel melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) telah membuka pelaksanaannya secara daring.

Berdasarkan dalam situs lelang.go.id, lelang pembongkaran stadion ini dibuka dengan nilai limit Rp1,283 miliar. Tiap peserta lelang yang menawar, diwajibkan menyetor uang jaminan sebesar Rp256 juta. Batas akhir penawaran hingga 14 Oktober 2020.

Baca Juga: Lelang Pembongkaran Stadion Mattoanging Kembali Diusul



Nilai limit pembongkaran Stadion Mattoanging ini diketahui mengalami penurunan jika dibandingkan tahapan lelang sebelumnya yang sempat batal. Rencana pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging dalam situs lelang.go.id sebelumnya sempat ditampilkan dengan penawaran minimal Rp4,723 miliar sampai batas waktu pendaftaran 1 Oktober 2020.

Namun sampai batas akhir waktu berakhir, tidak ada penawar yang mendaftar. Sehingga lelang dinyatakan gagal. Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel terpaksa mengatur jadwal lelang ulang.

Kepala Bidang Aset BKAD Sulsel, Murniati menjelaskan, penurunan nilai limit dalam pelaksanaan lelang ini sudah dipertimbangkan. Hal itu setelah proses taksasi atau pengukuran nilai bangunan di kawasan stadion kembali dilakukan sejak lelang sebelumnya gagal.

"Jadi ada banyak pertimbangan. Pokoknya ini sudah diperhitungkan baik-baik. Makanya kita lakukan kembali penilaian ulang sehingga ada pengurangan dalam nilai limit itu," tutur Murni kepada Sindonews.

Dia berharap, pelaksanaan lelang pembongkaran ini berhasil. Supaya agenda pembangunan Stadion Mattoanging bisa segera diselesaikan. Setelah lelang berakhir, pembongkaran bangunan di kawasan stadion seluas 13.476 meter persegi ini bisa dimulai dalam waktu dekat.

"Nanti akan ada aanwijzing (pemberian penjelasan) terkait pelaksanaan lelang pembongkarannya," papar Murni yang juga panitia lelang. Berdasarkan jadwal, agenda aanwijzing ini akan diadakan 12 Oktober di kantor Gubernur Sulsel yang wajib dihadiri seluruh peserta lelang.

Baca Juga: Groundbreaking Stadion Mattoanging Direncanakan Bertepatan Hari Jadi Sulsel

Sementara Kepala BKAD Sulsel, Muhammad Rasyid berharap, proses pembongkaran bangunan ke depan tidak berlangsung lama. Apalagi Pemprov Sulsel sudah merencanakan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Stadion Mattoanging.

Rencananya, groundbreaking rehabilitasi Stadion Mattoanging dijadwalkan dilakukan pada peringatan Hari Jadi Sulsel bulan ini.

"Yang jelas kita percepat. Supaya cepat dilakukan dilakukan pembongkaran dan pembangunan stadionnya," ucap Rasyid.

Sekadar diketahui, pembongkaran bangunan di kawasan Stadion Mattoanging dilakukan setelah dilakukan audit forensik struktur bangunan. Hasil pemeriksaan merekomendasikan seluruh bangunan disana dibongkar total.

Pertimbangannya, struktur bangunan yang ada saat ini dinilai tidak mampu menopang ketika dilakukan pembangunan konstruksi yang baru. Apalagi, Stadion Mattoanging digadang-gadang bakal jadi stadion bertaraf internasional berstandar FIFA.

Baca Juga: Lelang Pembongkaran Bangunan Stadion Mattoanging Segera Dibuka



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!