Kapal Perang AS Masuk Laut China, Beijing Sebut Tindakan Provokasi

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 12:29 WIB
loading...
Kapal Perang AS Masuk Laut China, Beijing Sebut Tindakan Provokasi
Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS John McCain. Foto: Istimewa
A A A
BEIJING - Kapal perang Amerika Serikat (AS) , USS John McCain, memasuki perairan sekitar Kepulauan Paracel, Laut China Selatan, pada hari Jumat, membuat Beijing memberikan respons keras terhadap hal itu.

Diketahui, kepulauan yang jadi sengketa antara Beijing dan beberapa negara Asia Tenggara, menjadi perhatian buat negara tersebut.

Beijing menuntut Washington untuk mengontrol dan membatasi operasi Angkatan Laut-nya di Laut China Selatan. Menurut Beijing, kapal perang bersenjata peluru kendali atau rudal tersebut memasuki perairan Kepulauan Paracel tanpa izin.



Juru bicara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China , Kolonel Zhang Nandong, menuduh Amerika melenturkan otot militernya dengan manuver USS John McCain tersebut.

"Ini adalah hegemoni navigasi telanjang dan provokasi militer," kata Kolonel Zhang dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Sabtu (10/10/2020).

"Kami menuntut AS segera menghentikan tindakan provokatif tersebut, (dan) secara ketat mengontrol dan membatasi operasi militer di laut dan udara untuk menghindari kecelakaan," ujarnya.

Militer China mengklaim AS sering mengirim kapal perang ke Laut China Selatan untuk memamerkan kekuatannya dan sangat melanggar kedaulatan dan kepentingan keamanan China .

Juru bicara PLA itu mengatakan akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas menjaga kedaulatan dan keamanan nasional serta untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Pada Juli lalu, China menuduh AS berlayar melintasi dunia seperti pengganggu setelah dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, dikirim ke Laut China Selatan untuk unjuk kekuatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6012 seconds (0.1#10.140)