TOPIK TERPOPULER

Tips Aman Mengunjungi Rumah Sakit Selama Pandemi COVID-19

Agus Nyomba
Tips Aman Mengunjungi Rumah Sakit Selama Pandemi COVID-19
Kunjungan rumah sakit untuk pasien sangat penting, namun di tengah pandemi harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Masalah utama yang dihadapi pasien non-coronavirus selama pandemi adalah pembatasan kunjungan ke rumah sakit.

Karena jumlah pasien virus Corona memuncak dari hari ke hari, orang-orang membatalkan atau menunda perawatan medis non-darurat atau rutin mereka karena ketakutan COVID-19, yang menyebabkan banyak komplikasi.

Baca Juga: Angka Kunjungan RS Masih Minim, Ini Saran Legislator Makassar



Selain menangani pasien virus corona, rumah sakit juga berupaya memberikan perawatan kepada pasien lain yang membutuhkan dengan tindakan tegas untuk mencegah penyebaran infeksi.

Beberapa bulan terakhir, kunjungan rumah sakit sangat rendah karena pandemi ini belum juga mereda. Padahal, banyak orang yang sakit di luar COVID-19 butuh perawatan.

Berikut beberapa tips aman saat mengunjungi rumah sakit yang dilansir dari boldsky.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan Rumah Sakit Daerah Menurun

1. Buatlah janji sebelum kunjungan ke rumah sakit.

Sangat penting untuk membuat janji dengan dokter sebelum Anda mengunjungi rumah sakit atau klinik, terutama jika Anda menderita penyakit kronis. Ini akan menghindari antrean yang tidak perlu bersama dengan pasien lain, yang dapat meningkatkan risiko infeksi.

2. Beri tahu dokter tentang kesehatan

Anda Sebelum janji temu, pastikan untuk memberi tahu dokter tentang kesehatan Anda dan tanyakan prosedur kunjungannya. Juga, pastikan untuk mengikuti tes COVID-19, jika perlu.

3. Bertanya tentang frekuensi pembersihan rumah sakit

Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu tentang tindakan pengamanan bagi pasien non-virus Corona dan cara yang diterapkan untuk menanganinya. Juga, tanyakan tentang frekuensi pembersihan setelah setiap kunjungan pasien. Pastikan ada bangsal terpisah.

4. Kenakan masker Ini adalah aturan wajib dan terpenting sebelum melangkah keluar rumah.

Mengenakan masker sangat penting untuk mencegah tetesan udara yang terinfeksi memasuki hidung dan mulut dan menyebabkan infeksi.

5. Bawa Hand Sanitiser

Disarankan tetap membawa pembersih tangan berbahan dasar alkohol dan bersihkan tangan Anda segera setelah keluar dari rumah sakit atau setelah menyentuh benda apa pun di rumah sakit. Cuci tangan dengan sabun dan air, jika tersedia.

6. Pertahankan jarak sosial.

Jarak sosial diikuti secara ketat dalam perawatan kesehatan dan sektor lainnya. Ini membantu mengurangi risiko infeksi melalui udara saat seseorang batuk atau bersin. Pertahankan jarak sosial sekitar enam kaki atau lebih.

7. Kunjungi sendiri (jika mungkin)

Lebih baik pergi sendiri ke dokter selama pandemi ini untuk mencegah orang lain dari risiko infeksi. Untuk pasien lansia, disarankan untuk menemani hanya satu orang sehat.

8. Tetap di dalam rumah jika Anda memiliki gejala COVID-19

Jika Anda meragukan gejala virus corona berdasarkan gejala dan kunjungan Anda baru-baru ini, disarankan untuk tetap di dalam rumah dan berkonsultasi dengan rumah sakit untuk tes COVID-19. Gejala virus corona mungkin termasuk demam, sakit tenggorokan, batuk kering, kelelahan, dan nyeri otot

9. Hindari menyentuh apapun Selama berada di rumah sakit

Hindari menyentuh apapun karena dapat bertindak sebagai fomites dan menyebarkan infeksi. Fomites adalah objek tempat tetesan udara yang terinfeksi mengendap dan menyebar saat seseorang menyentuhnya lalu menyentuh mulut, mata, atau hidungnya.

10. Gunakan kendaraan Anda sendiri

Lebih suka mengunjungi rumah sakit dengan kendaraan Anda sendiri. Hindari naik transportasi umum dan pesan taksi terpisah untuk kunjungan tersebut. Juga, bersihkan tangan Anda segera setelah Anda keluar dari taksi. Jika Anda menggunakan kendaraan sendiri, bersihkan setelah berkunjung.

11. Gunakan alat pembayaran non tunai.

Karena pandemi, di mana-mana sistem non tunai telah diperkenalkan untuk mempertahankan peredaran uang secara langsung. Lakukan semua transaksi yang berhubungan dengan medis secara online, karena uang kertas juga dapat bertindak sebagai fomite dan menyebarkan infeksi.

12. Bawalah dokumen yang diperlukan

Bawalah semua dokumen yang diperlukan untuk menghindari kunjungan kembali ke rumah sakit. Diskusikan dengan dokter mengenai konsultasi online atau video untuk perawatan lebih lanjut, jika diperlukan. Juga, pastikan untuk membeli obat-obatan setidaknya selama sebulan untuk menghindari perjalanan ke apotek baru-baru ini.

13. Ganti segera Pakaian Sesampai di rumah.

Minta seseorang untuk membuka pintu dan segera pergi ke kamar kecil untuk mengganti pakaian dan mencuci tangan. Lebih baik mandi atau membasuh area tubuh yang terbuka dengan sabun dan air.

14. Jangan lupa untuk membersihkan sepatu

Sepatu dapat membawa virus corona dan menyebarkan infeksi. Bersihkan sepatu dengan sabun dan air atau desinfektan setelah mengunjungi rumah sakit.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!