alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wali Kota Genjot DLHD Terapkan Sanitary Landfill di TPA Antang

Vivi Riski Indriani
Wali Kota Genjot DLHD Terapkan Sanitary Landfill di TPA Antang
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makssar menargetkan penghargaan piala kebersihan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sejumlah upaya dilakukan termasuk melakukan pembenahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa, Kecamatan Antang.

Untuk itu Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menyatakan sistem sanitary landfill sudah seharusnya diterapkan di TPA Tamangapa Antang.

Khusus kepada Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Makassar agar mempersiapkan penerapan sistem tersebut. Apalagi sistem pengelolaan sampah dengan metode open damping dianggap tak masuk penilaian meraih piala Adipura.



"Sanitary landfill itu persyaratan adipura akan datang, kalau tidak maka ini terakhir kita dapat adipura dan jangan sampai begitu," ungkap Danny Pomanto usai rapat koordinasi bersama jajaran Pemkot Makassar, Rabu (09/01/2019).

Dia menjelaskan, sistem sanitary landfill merupakan metode pembuangan akhir sampah yang dilakukan dengan cara ditimbun di tempat yang sudah disediakan dan telah memenuhi syarat teknis. Setelah ditimbun dipadatkan dengan alat berat seperti buldozer ataupun track laoder kemudian ditutup dengan tanah sebagai lapisan penutup.

Upaya itu lanjut Danny Pomanto sangat bisa dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Pemerintah telah memiliki alat berat berupa ekskavator yang bisa digunakan untuk menggali tanah yang sudah dibebaskan di TPA Tamangapa Antang.

"Kita kan punya lahan yang sudah dibebaskan kurang lebih 2,5 hektar, yang ada jalan betonnya melingkar di tengah situ kita bikin sanitary landfill. Kita sudah punya dua alat baru (ekskavator) kita gali saja tanahnya terus kita pakai untuk timbun sampah, jadi tidak perlu ada dana khusus," pungkasnya.

"Di Indonesia kan rata-rata open damping semua, baru Bali sama Tangerang yang mulai (sanitary landfill) nah ini kita mulai juga. Tapi tetap ada open damping tapi kita mulai dengan sanitary landfill yang baru, nanti itu yang kita kasih masuk pelan-pelan," sambung dia.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads