alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BBM di Kapal Tangker Pertamina Tumpah, Warga Parepare Panen Solar

Darwiaty Dalle
BBM di Kapal Tangker Pertamina Tumpah, Warga Parepare Panen Solar
Warga mengumpulkan solar yang tumpah di laut karena kapal tangker pertamina bocor. Foto: Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Kapal Tangker Golden Pearl XIV bersandar di Jetty Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) milik PT (Persero) Pertamina Kota Parepare mengalami kebocoran. Akibatknya, Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar merembes memenuhi wilayah pesisir sepanjang tanggul Cempae di Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang, Kamis (10/1/2019).

Tumpahan solar tersebut menarik perhatian warga yang kemudian berbondong-bondong menyuling dan mengumpulkan solar dengan alat seadanya. Anto, warga setempat mengatakan, hal itu bermula ketika warga mencium bau minyak yang cukup menyengat. Dan setelah dicek, kata dia, terlihat banyak tumpahan solar di pinggiran pantai.

"Mungkin jumlahnya ada ribuan liter. Warga yang ikut menyuling sudah bolak balik membawa puluhan jerigen, baskom bahkan ember. Itu saja solar di pantai banyak di bibir pantai," jelasnya.



Unit Manager Communication dan CSR MOR VII Pertamina Robby Hervindo mengatakan, rembesan solar tersebut diidentifikasi terjadi kerusakan pada pendingin LO Cooler A/E kapal tangker. Solar yang merembes merupakan bahan bakar kapal bukan muatan tangker.

"Jumlah solar yang merembes ke perairan sekitar TBBM Parepare saat ini masih dalam proses perhitungan dan tidak mengganggu operasional di TBBM Parepare. Penyaluran BBM ke masyarakat tetap lancar," Jelas Robby.

Dan untuk menanggulangi rembesan solar di laut, kata Roby telah dilakukan penanggulangan tim tanggap darurat Pertamina.
"Saat ini sudah disemprotkan sebanyak 200 liter oil dipersant ramah lingkungan untuk mengurai solar di perairan sekitar TBBM Parepare," katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads