alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Makassar Akan Rekrut Puluhan Relawan Sosialisasikan Hak Pilih

Luqman Zainuddin
KPU Makassar Akan Rekrut Puluhan Relawan Sosialisasikan Hak Pilih
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar berencana akan merekrut sedikitnya 55 relawan guna melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya hak pilih pada Pemilu 2019, April mendatang.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Endang Sari mengatakan, perekrutan para relawan melalui pendaftaran akan berlangsung hingga 16 Januari di Sekretariat KPU Makassar, Antang.

"Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik pada proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi," jelasnya, Kamis (10/01/2019).



Menurut Endang, para relawan tersebut merupakan representasi dari basis pemilih strategis di 15 wilayah kecamatan. Nantinya, mereka akan turun ke masyarakat bersosialisasi tanpa pendampingan pihak penyelenggara.

Meski demikian, mereka terlebih dahulu akan dibekali pelatihan karena para relawan juga akan bertugas melakukan pemetaan dan mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran.

Adapun syarat pelamar yang hendak menjadi relawan minimal berusia 17 tahun dan maksimal 25 tahun dengan jenjang pendidikan SMA/SLTA. Serta syarat non-partisan sekurang-kurangnya 5 tahun terakhir. Terdaftar sebagai pemilih, dan bukan merupakan penyelenggara. Serta, punya pengalaman penyuluhan, atau organisasi kemahasiswaan.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads