alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Minta Segera Strelisasi Laut Cempae Dari Limbah Solar

Darwiaty Dalle
Pemkot Minta Segera Strelisasi Laut Cempae Dari Limbah Solar
Tim Pemkot Parepare saat mengambil sampel solar Pertamina yang tumpah di laut Cempae. Foto: Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Tim Pemerintah Kota Parepare melakukan peninjauan ke lokasi yang paling terkena dampak menyusul tumpahan solar Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diduga akibat kebocoran Kapal Tanker Golden Pearl XIV bersandar di Jetty Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) milik PT (Persero) Pertamina Kota Parepare, Kamis (10/1) kemarin.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Parepare Samsuddin Taha mengatakan, dari hasil pengecekan yang dilakukan pihaknya, ditemukan masih adanya rembesan minyak yang mencemari pesisir Cempae.

Selain mencemari wilayah pantai, kata Samsuddin, tumpahan solar juga mencemari udara di sekitar laut Cempae, hingga radius kiloan meter dari lokasi Jetty TBBM Pertamina.



"Sampel sudah kita ambil dan akan dilakukan uji laboratorium, meski secara visual jelas terlihat masih ada sisa rembesan solar di pesisir pantai Cempae," katanya.

Pihaknya, tambah Syamsuddin lagi segera mengkoordinasikan hal tersebut ke pihak Pertamina agar percepatan strerilisasi laut Cempae dari pencemaran minyak bisa dilakukan lebih maksimal.
"Kita juga sudah menyurat ke Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Sulsel terkait hal ini," ujarnya.

Sementara Kepala Inspektorat Parepare Husni Syam mendesak pihak Pertamina untuk melakukan upaya-upaya pencegahan yang lebih maksimal agar dampak pencemaran lingkungan akibat tumpahan minyak di areal laut Cempae tidak semakin meluas dan berimbas pada masyarakat setempat. "Utamanya masyarakat nelayan Parepare," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads