alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gowa Gagal Raih Piala Adipura, Bupati Warning Lurah

Herni Amir
Gowa Gagal Raih Piala Adipura, Bupati Warning Lurah
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Impian Kabupaten Gowa untuk meraih Penghargaan Adipura 2019 belum terwujud. Pemkab Gowa di bawah kepemimpinan Bupati Adnan Purihcta Ichsan diketahui menargetkan meraih penghargaan supremasi tertinggi di bidang kebersihan itu.

Bila piala belum diraih, kata Adnan, paling tidak sertifikat Adipura mampu diperoleh.

Meski demikian dia mengakui, masih ada sejumlah indikator yang menjadi titik lemah. Kekurangan tersebut, menjadi bahan evaluasi untuk ditingkatkan ke depannya.



"Tentu semua indikator yang jadi masalah lemah akan menjadi PR Pemda untuk bisa memperbaiki," kata Adnan, Jumat (11/1/2019).

Dia juga memohon dukungan dan kerja sama berbagai elemen. Utamanya para lurah dan lapisan masyarakat. Adnan meminta masyarakat tidak membuang sampah sembarang tempat.

Sementara para lurah, Adnan menegaskan akan melayangkan sanksi keras bagi yang tak mampu bekerja optimal. Dalam hal ini penataan keindahan dan kebersihan. Para lurah diberi waktu melakukan perbaikan dalam kurun waktu sebulan ke depan.

"Saya sudah warning para lurah untuk bekerja maksimal. Batas waktu satu bulan, lurah yang tidak bisa bekerja maksimal akan saya ganti," tegas Adnan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa, Marzuki menilai, penanganan pengelolaan sampah jadi salah satu masalah yang sulit dipecahkan. Hal inilah dianggap ipenyebab gagalnya Piala Adipura berlabuh ke Kabupaten Gowa.

Marzuki menuturkan, ada 15 komponen penilaian untuk meraih penghargaan Adipura. Salah satunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

TPA yang dimiliki Kabupaten Gowa diketahui berlokasi Desa Pebbentengan, Kecamatan Bajeng. Marzuki menyebut, TPA Gowa masih berstandar Open Dumping.

"Ada tiga klasifikasinya, TPA kita masih berada pada klasifikasi terendah, yaitu Open Dumping. Ini yang mesti kita benahi ke depan," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads