alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penggelapan Ratusan Motor Libatkan Dua Karyawan PT MAF Bulukumba

Eky Hendrawan
Penggelapan Ratusan Motor Libatkan Dua Karyawan PT MAF Bulukumba
Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan saat menggelar konfrensi pers pengungkapan kasus penggelapan ratusan motor di Mapolsek Ujung Bulu, Jumat (11/01/2019). Foto : Eky Hendrawan/SINDOnews

BULUKUMBA - Kepolisian Resor (Polres) Bulukumba berhasil mengungkap kasus penggelapan kendaraan bermotor milik perusahaan pembiayaan PT Mega Auto Finance (MAF) melibatkan tiga pelaku.

Dari ketiga pelaku dua diantaranya merupakan karyawan PT MAF, yakni AN (23) dan NN (28). Sementara satu pelaku merupakan kolektor eksternal DI (40).

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan kurang lebih 180 unit motor yang disita di sejumlah wilayah, seperti di Desa Balibo, Garuntungan, Orongading, Kahayya, Borong Rapoa, dan Benteng Palioi, Kecamatan Kindang.



"Dari kasus ini, PT MAF mengalami kerugian mencapai Rp3 miliar.‎ Jadi mereka (pelaku) menjalankan perannya cukup rapi karena modus ini dijalankan ketiganya sudah cukup lama," ungkap Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan saat konfrensi pers di Polsek Ujung Bulu, Jumat (11/01/2019).

Dia menjelaskan, modus yang dilakukan para pelaku dengan cara memanfaatkan identitas warga yang menjadi konsumen kredit kendaraan. Termasuk mengajukan dokumen permohonan pembelian motor fiktif terhadap PT MAF.

Setelah mendapat persetujuan, pelaku kemudian merubah data pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menjadi pelengkap dokumen pengajuan.

"Jadi setelah pelaku mengajukan permohonan, pelaku mencari KTP dan setelah KTP sudah berhasil didapatkan dan di scane selanjutnya dimasukkan ke berkas pemohon. Motor yang keluar nantinya sudah berdasarkan berkas pemohon yang sudah di scane," terang Syamsu Ridwan.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads