alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Panwascam Bantimurung Bakal Bentuk Panwas Desa Awasi Pemilu

Najmi Limonu
Panwascam Bantimurung Bakal Bentuk Panwas Desa Awasi Pemilu
Dalam rangka meningkatkan pengawasan di tingkatan kabupaten hingga ke desa-desa, Bawaslu Maros mulai melakukan koordinasi dengan kepala desa. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAROS - Dalam rangka meningkatkan pengawasan di tingkatan kabupaten hingga ke desa-desa, Bawaslu Maros mulai melakukan koordinasi dengan kepala desa.

Salah satunya adalah koordinasi awal yang dilakukan oleh Panwascam Bantimurung dengan Kepala Desa Tukamasea Kecamatan Bantimurung, terkait dengan agenda pembentukan Desa Awasi Pemilu, Jum'at kemarin.

Kepala Desa Tukamasea, Makmur, sangat merespon baik hal ini menurutnya persoalan politik uang memang harus kita awasi secara bersama-sama dengan melibatkan masyarakat.



"Hal ini juga agar masyarakat paham bahwa politik uang dalam proses demokrasi itu tidak baik, kita semua tentunya ingin proses demokrasi yang bersih. Saya kira apa yang dilakukan panwas ini sangat tepat, kami di desa tentunya siap untuk pembentukan desa awasi pemilu," tutur Makmur.

Sementara itu, Kordiv. Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Panwaslu Kecamatan Bantimurung
Agus salim mengatakan, desa pengawasan bertujuan untuk mengajak masyarakat desa terlibat aktif dalan melakukan pengawasan partisipatif dalam pemilu, fokus pencegahan dan pengawasan harus dimassifkan.

"Gerakan ini untuk mecegah pelanggaran pemilu seperti politik uang, ASN yang tidak Netral, Politisasi SARA dan Ujaran Kebencian. Jadi dengan adanya desa pengawasan ini, masyarakat akan mudah melapor kepada pengawas pemilu jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran dalam rangkaian proses pemilu 2019," ujar Agus.

Senada, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman menyampaikan, pembentukan desa awasi pemilu adalah salah satu strategi pencegahan potensi pelanggaran pemilu sekaligus sebagai pendidikan politik bagi warga.

"Kita targetkan perlahan-lahan, setiap kecamatan terbentuk Desa Awasi Pemilu sebelum hari Pemungutan Suara dan akan berlanjut setelah Pemilu, sehingga desa yang telah terbentuk akan menjadi semacam desa binaan bawaslu, sembari membentuk di desa-desa lainnya, untuk Desa Tukamasea kita akan jadikan Pilot Projek sebagai contoh untuk desa-desa yang lain." tutupnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads