alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinsos Verifikasi Data Penerima PKH Dalam Waktu Dekat

Vivi Riski Indriani
Dinsos Verifikasi Data Penerima PKH Dalam Waktu Dekat
KARTU PKH. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar bakal memverifikasi seluruh data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia. Foto: DOk/SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar bakal memverifikasi seluruh data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Iskandar Lewa usai mengikuti video conference penandatangan nota kesepahaman antara Menteri Sosial Agus Gumiwang dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Tito Karnavian, di Polrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Jumat (11/1/2019).

Sebagai tindak lanjut nota kesepahaman tersebut, kepolisian bakal membentuk satgas khusus, yang berfungsi untuk memberikan bantuan pengamanan hukum serta mengawal agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat harga, hingga tepat cara.



"Dalam waktu dekat ini kami dari pemerintah kota juga akan melakukan verifikasi baik itu data maupun penerima, karena kita memang harus membenahi semua ini sebelum satgas itu terbentuk sesuai dengan arahan bapak kapolri," kata Iskandar.

Dia menyebutkan saat ini jumlah pemerima PKH di Kota Makassar sebanyak 22.871 kepala rumah tangga. Hanya saja, dia belum mengetahui apakah jumlah itu akan bertambah atau tidak, mengingat pemerintah pusat bakal menambah jumlah penerima bantuan sosial dari 10 juta naik menkadi 15 juta tahun ini.

Namun, dia belum bisa berkomentar banyak perihal jenis bantuan sosial yang akan bertambah tahun ini, apakah dalam bentuk PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Makanya itu, dia masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat.

"Saya belum tahu kita di tambah atau bagaimana, kami masih tunggu juknis dan juklat dari kementrian, apakah PKH yang di tambah atau bantuan sosial lainnya karena ada juga bantuan kampung siaga bencana dan beasiswa bagi non ASN," bebernya.

Iskandar juga mengatakan, dalam waktu dekat dia akan menghadap kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto, untuk meminta agar segera melakukan penandatangan kerjasama dengan Polrestabes Makassar. Hal ini merupakan wujud keseriusan pemerintah kota atas apa yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan bahwa langkah awal yang dilakukan menyambung nota kesepahaman itu adalah meminta data PKH di Makassar.

"Saya akan kawal mulai dari pendataan sampai selesai penyaluran, makanya saya minta sama Dinas Sosial data penerima bantuan dan itu saya akan kroscek lagi, by name, by adress, kalau ada by phone juga kita akan minta," sebutnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads