alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sulsel Miliki Pondasi Pertumbuhan Ekonomi yang Baik

Agus Nyomba
Sulsel Miliki Pondasi Pertumbuhan Ekonomi yang Baik
WAGUB SULSEL. Wagub Sulawesi Selatan menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Tahun 2019 di Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Jumat (11/1/2019) malam. Foto: Dok/SINDOnews

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Tahun 2019 di Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Jumat (11/1/2019) malam.

Kegiatan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, Sulawesi Selatan telah memiliki pondasi yang baik pada pertumbuhan ekonomi.



Pondasi tersebut, terutama pada persiapan peningkatan ekspor dengan hadirnya direct call port dari Makassar ke Asia, Amerika serta Eropa. Sebelumnya untuk ekspor dari Makassar harus transit ke Surabaya terlebih dulu.

Hal ini telah memicu peningkatan ekspor langsung ke luar yang bisa mereduksi cost (biaya) pengiriman hingga $200-500 per kontainer tergantung destinasi ekspor.

"Intinya penyampaian Pak JK bagaimana kita berkolaborasi menatap 2019 lebih baik lagi dari 2018. Serta, menjaga keseimbangan ekspor terhadap impor, ekonomi mikro terhadap makro," kata Andi Sudirman.

Meski memiliki pondasi yang baik, kolaborasi perlu dilakukan untuk menjaga tren positif pertumbuhan ekonomi.

"Kita perlu berkolaborasi untuk menjaga tren positif pertumbuhan ekonomi dan menggalakkan investasi serta meningkatkan laju ekspor," sebutnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya, JK mengatakan, bahwa Indonesia memiliki pengalaman di jasa keuangan yang harus menjadi guru dan pelajaran yang baik, serta krisis moneter tahun 1997-1998. OJK juga dimintanya untuk melakukan pengawasan dengan lebih hati-hati dan lebih ketat lagi.

OJK optimistis tahun ini perekonomian dan sektor jasa keuangan berada dalam tren perbaikan dengan challenge yang tentu lebih banyak lagi.

Pihak OJK menjelaskan tren pertumbuhan yang positif telah dilewati dengan berbagai indikator mulai pertumbuhan ekonomi hingga laju inflasi. Perekonomian tumbuh di angka 5,3 persen dengan inflasi yang terjaga relatif rendah di level 3,5 persen.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads