alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Untuk Mencoblos Napi, 5 TPS Disiapkan di 2 Lapas Gowa

Herni Amir
Untuk Mencoblos Napi, 5 TPS Disiapkan di 2 Lapas Gowa
Suasana perekaman e-KTP di lapas perempuan Bollangi belum lama ini. KPU Gowa akan menempatkan 5 TPS di 2 lapas yang ada di Kabupaten Gowa. Foto : Herni Amir/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Dalam perhelatan pemilu yang digelar April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menempatkan lima tempat pemungutan suara (TPS) di dua lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di daerah ini.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan ke lima TPS itu masing-masing 4 TPS di lapas kelas II Narkotika dan 1 TPS lainnya di lapas Perempuan kelas II Bollangi Desa Timbuseng Kecamatan Pattalassang.

"Jadi memang ada pertambahan TPS. Kalau pilgub kemarin hanya 2 TPS masing-masing 1 di Lapas Narkotika sati di lapas Perempuan," jelasnya, Senin (14/01/2018).



Adanya pertambahan TPS menurut Muhtar, merupakan konsekuensi pertambahan jumlah wajib pilih. Apalagi telah disyaratkan dalam 1 TPS hanya mengcover untuk 300 pemilih.

Karena itu, dia meyakini jika ke 5 TPS nantinya akan mampu mengakomodir para warga binaan baik yang berasal dari Kabupaten Gowa atau kabupaten kota lainnya yang ada di Sulsel yang ada di lapas tersebut.

Disdukcapil Gowa sendiri telah melakukan identifikasi dan perekaman bagi warga binaam di dua lapas itu. Hal ini dimaksudkan agar mereka mampu menyalurkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi.

Agar sengkarut terkait hak memilih seperti pada pilgub lalu tidak terulang kembali.Dimana dari 908 wajib pilih hanya 423 yang masuk dalam DPT atau 500 warga binaan dari dua lapas itu tidak bisa ikut memilih karena tak memiliki Nomor Induk Kependudukan.

"Sangat disayangkan dengan kondisi ini. Mereka sudah bertahun-tahun disini belum tentu masih tahu dimana KTPnya tersimpan. Makanya kamj fasilitasi untuk pendataan dan perekaman agar hak-hak kependudukan mereka dapat terpenuhi," jelas Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Dia berharap, partisipasi pemilih didaerah ini akan bertambah karena salah satu tingkat keberhasilan penyelenggaraan pemilu diukur dari tingkat partisipasi masyarakatnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook