alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

FGD Teknik Perkapalan Unhas Inisiasi Prodi Transportasi Laut

Mustafa Layong
FGD Teknik Perkapalan Unhas Inisiasi Prodi Transportasi Laut
Ikatan Sarjana Perkapalan (ISP) melakukan focus group discussion (FGD). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Departemen Teknik Perkapalan Unhas, bersama Ikatan Sarjana Perkapalan (ISP) menggelar Tudang Sipulung di Hotel MaxOne, Makassar, Senin (14/1/2019).

Kegiatan yang juga digelar dengan focus group discussion (FGD) tersebut, menghasilkan sejumlah ide pengembangaan studi teknik perkapalan. Acara yang menjadi bagian Road to HBH Ikatek Unhas 2019, itu mengangkat tema "Mempercepat Pengembangan Industri Maritim di Sulsel".

Profesor Riset Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) Prof Buana Ma’ruf hadir sebagai fasilitator, bersama Lead Auditor Manajemen Mutu Kementrian Perindustrian RI Hasbi Assidiq Syamsuddin.



Buana Ma'ruf mengatakan, melihat geliat transportasi laut di Indonesia yang amat kuat, mestinya Departemen Teknik Perkapalan telah memiliki Program Studi Teknik Transportasi.

Keberadaan prodi transportasi tersebut, jelas alumni Teknik Perkapalan Unhas itu, akan sangat mendukung program tol laut milik pemerintah Republik Indonesia.

"Karena prodi Transportasi ini, lulusannya tidak hanya memahami manajemen transportasi laut. Namun juga bisa menjembatani dengan berkembangnya industri galangan kapal, baik itu untuk bangunan baru atau reparasi," kata Buana.

Ketua Departemen Teknik Perkapalan Unhas Dr Suandar Baso MT mengatakan, kegiatan kali ini digelar sebagai bagian upaya kampus mengulik persoalan dan pemecahan masalah lingkup dunia maritim Sulsel.

"Diskusi group ini, kita adakan dengan tujuan untuk mendapat masukan sekaligus solusi. Karena kami dari kampus, khususnya Departemen Teknik Perkapalan Unhas, ingin membangkitkan kembali industri maritim di Sulsel," ujarnya.

Suandar menambahkan, hasil rekomendasi dari FGD ini, diharapkan tidak berhenti sebatas diskusi, tapi juga bisa dibawa ke pemerintah untuk mendukung kebijakan Industri Perkapalan.

Hasil dari FGD ini bakal dilanjutkan dalam Pertemuan Masyarakat Maritim dan event Maritime Expo & Investment Forum pada 28-31 Maret 2019 mendatang.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads