alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Luwu Umumkan Penetapan Bupati dan Waki Bupati Terpilih

Chaeruddin
DPRD Luwu Umumkan Penetapan Bupati dan Waki Bupati Terpilih
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu senin, resmi mengumumkan penetapan Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BAIK) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu terpilih periode 2019-2024. Foto: Chaeruddin/SINDOnews

LUWU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu, resmi mengumumkan penetapan Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BAIK) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu terpilih periode 2019-2024, Senin, (14/01/2019).

Pengumuman ini dilakukan dalam rapat paripurna. Meski sempat mendapat instruksi dari peserta rapat paripurna yakni, Yamin Anas dari Partai Golkar, namun rapat peripurna pengumuman tetap dilanjutkan.

Ketua DPRD Luwu, Andi Muharrir, dalam rapat menjelaskan bahwa DPRD mengumumkan dalam rapat paripurna hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU sebelum disampaiakn kepada Mendagri melalui Gubernur.



Menurutnya, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh pimpinan DPRD Kabupaten/Kota kepada menteri dalam negeri melalui gubernur.

"Sebagai tindak lanjut dari ketentuan tersebut di atas dan sesuai surat edaran Mendagri nomor 100/140/SJ tentang pengesahan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota. Hari ini dilaksanakan rapat paripurna hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU sebelum disampaiakn kepada Mendagri melalui Gubernur," ujarnya.

Dengan dasar pengumuman ini, DPRD Luwu akan menyurat ke Mendagri untuk dua perihal.

"Pertama, usulan pengesahan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Luwu periode 2019-2024. Kedua, usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Luwu periode 2019-2024. Suratnya sudah lengkap, tinggal kami mau kirim," ujarnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads