Serapan APBD Masih Rendah, Pemkot Makassar Target Bisa Capai 90%

Kamis, 15 Oktober 2020 - 07:47 WIB
loading...
Serapan APBD Masih Rendah, Pemkot Makassar Target Bisa Capai 90%
Serapan APBD Makassar masih rendah, sehingga ditarget bisa capai 90 persen. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menargetkan, serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) bisa mencapai 90% meski saat ini masih sangat rendah.

Diketahui, realisasinya APBD masih di bawah 50%, hal tersebut karena adanya Pendemi COVID-19 yang membuat posisi anggaran tidak terserap maksimal.



Plt Kepala BPKAD Makassar , Andi Rahmat Mappatoba mengatakan, serapan anggaran APBD sudah di atas 45%. Meski begitu, ia berharap agar anggaran ini bisa terserap sampai 90% hingga akhir tahun.

"Kalau kita bicara target kita harap bisa terserap 90%. Kita yakin bisa capai itu," kata Rahmat, kemarin.

Minimnya serapan APBD , kata Rahmat, tak lepas dari serangan pandemi yang merebak di awal Maret lalu. Tidak sedikit program kerja disetop dan anggarannya dialihkan untuk penanganan COVID-19 .

Seperti, kegiatan sosialisasi yang melibatkan banyak orang. Begitu pula dengan kegiatan-kegaiatan yang tidak masuk skala prioritas.

"Belum lagi proses refocusing yang membuat beberapa dana di OPD dialihkan ke penanganan COVID-19 . Tetapi ini semua perlahan sudah jalan," terang Rahmat.



Mayoritas anggaran yang terserap berasal dari kegiatan tender atau proyek. Sehingga diharapkan proyek pemkot bisa berjalan maksimal. Apalagi, proyek pembangunan Metro Tanjung Bunga menelan anggaran yang cukup besar mencapai Rp127 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)