TOPIK TERPOPULER

Gubernur Usul Amri Mauraga Jabat Plt Dirut Baru Bank Sulselbar

Suwarny Dammar
Gubernur Usul Amri Mauraga Jabat Plt Dirut Baru Bank Sulselbar
Suasana Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa Bank Sulselbar yang dihadiri pemegang saham. Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengusulkan nama Amri Mauraga, untuk menjabat Plt Dirut Bank Sulselbar pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, Kamis (15/10/2020) di The Rinra Hotel Makassar.

Pemprov Sulsel selaku pemegang saham pengendali mengusulkan penggantian Plt Direktur Utama (Dirut) Bank Sulselbar yang dijabat Irmayanti Sultan digantikan oleh Amri Mauraga.

Baca Juga: Gubernur Apresiasi Bank Sulselbar Gunakan Kantong Berbahan Singkong



Amri Mauraga merupakan Pemimpin Grup Perencanaan di Bank Sulselbar. Sementara Irmayanti Sultan akan kembali keposisinya sebagai Direktur Umum.

"Tentu ini hal mengejutkan, karena Plt Dirut yang saya usulkan bukan berasal dari jajaran direksi tapi satu level dibawahnya," ujarnya saat dihubungi.

Dia menjelaskan, jika sosok Amri Mauraga telah memenuhi sejumlah kriteria yang dibutuhkan untuk kondisi Bank Sulselbar saat ini.

"Dari Kapasitas iya, namun bagi saya g penilaian paling tinggi adalah soal moralitas, integritas. Semua itu hal paling penting supaya kita pemegang saham bisa tidur nyenyak. Makanya, saya usulkan pagi ini AD/RT ditinjau untuk penggantian Plt Dirut. Saya juga sudah mewawancarai langsung tentang inovasi," jelasnya.

Bupati Bantaeng dua periode ini memaparkan, Plt baru ini memiliki kapasitas yang bagus, dan sangat mengetahui kondisi permasalahan yang ada di dalam Bank Sulselbar untuk segera dibenahi.

Paling utama tugasnya yang harus diselesaikan segera mencari Dirut definitif, apalagi persyaratan sudah diturunkan.

Baca Juga: Kinerja Bank Sulselbar Semakin Moncer

"Kemarin syarat dirut terlalu tinggi, makanya tidak ada yang memenuhi kriteria. Istilahnya, mau melamar anaknya orang syaratnya terlalu tinggi. Makanya proses penentuan dirut definitif terseok-seok. Jadi tugas pejabat baru harus cepat dapat dirut defenitif, dan tidak menutup kemungkinan jika Plt Dirut baru memenuhi kriteria dia bisa defenitif," tuturnya.

Nurdin Abdullah menjelaskan, demi menguatkan Bank Sulselbar, pihaknya juga mengusulkan dua komisaris independen yang dipastikan penempatannya sudah sesuai.

Dua komisaris tersebut Rektor IBK Nitro Prof Marzuki Dea dan Koordinator Wilayah (Korwil) VIII Korsubgah KPK Wilayah Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara, Adlinsyah Malik Nasution.

"Kehadiran keduanya akan semakin membuat Bank Sulselbar jadi lebih bagus lagi, karena orang yang dipilih ini the right man on the right place. Kemampuannya sudah tidak diragukan lagi," terangnya.

Terpisah, Amri Mauraga mengaku belum mengetahui terkait penunjukkan dirinya.

"Maaf saya tidak bisa komentar, belum tahu tentang penunjukkan tersebut. Nanti dilanjutkan kalau sudah ada pemberitahuan resmi," ungkapnya saat dihubungi.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!