alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Datang ke Bawaslu, Danny Konsultasi Soal Cuti dan Kegiatan Politik

Luqman Zainuddin
Datang ke Bawaslu, Danny Konsultasi Soal Cuti dan Kegiatan Politik
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menyambangi kantor Bawaslu, Kamis (17/01/2019). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mendatangi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kota Makassar di Jl Anggrek, Kamis (17/01/2019). Danny datang untuk berkonsultasi terkait sejumlah kegiatan politik yang bakal ia lakukan.

"Ada 3 hal yang kami konsultasikan, pertama soal cuti kepala daerah. Kedua, kami punya Forum Bersatunya Rakyat, yang kebetulan kami akan membuat deklarasi. Ketiga, kami rencanakan pada saat mengkhiri tugas, ada 1 juta masyarakat mengantar kami ke rakyat, tapi kami mau hadirkan 1 kandidat (Capres), bagaimana itu?," aku Danny.

Dari konsultasi itu kata Danny, dia mendapat penjelasan dari Pimpinan Bawaslu kota Makassar. Soal cuti contohnya, hanya bisa dilakukan 1 hari saja dalam satu minggu. Itu pun harus bersurat dan mendapatkan izin dulu dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).



Soal deklarasi Forum Bersatunya Rakyat, lanjut Danny, pihaknya diberi saran oleh Bawaslu supaya tidak melakukan aktivitas yang berbau kampanye, baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres). Sebab, jumlah peserta deklarasinya, dinilai melebih ketentuan kampanye di dalam ruangan.

"Ada sekitar 100.000 orang yang bergabung (Forum Bersatunya Rakyat). Kita ingin membuat deklarasi, kami konsultasikan. Disarankan, jangan ada berbau kampanye, karena itu melanggar batas tempat dan jumlah orangnya, jadi 3.000 di dalam ruangan. Kalau dalam bentuk lain, diperbolehkan," sambung Danny.

Sementara soal rencana pelepasan oleh 1 juta masyarakat, kata Danny, Bawaslu memberi saran agar ada pemberitahuan tertulis kepada pihak terkait terlebih dahulu.

Danny bilanh, konsultasi ini dia lakukan sebagai langkah pencegahan. "Ini adalah sebuah konsep pencegahan. Boleh dikatakan seperti mitigasi. Terhadap hal-hal sebelum terjadi masalah," ucap Danny.

Dalam konsultasi itu, Danny diterima oleh ketua Bawaslu kota Makassar Nursari, dan sejumlah komisioner lainnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook