alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ledakan di Suriah Utara Tewaskan Warga Sipil dan Tentara AS

Agus Nyomba
Ledakan di Suriah Utara Tewaskan Warga Sipil dan Tentara AS
Suasana lokasi kejadian ledakan di Suriah Utara. Foto: Istimewa

DAMASKUS - Sebuah serangan ledakan terjadi di dekat patroli koalisi pimpinan-Amerika Serikat (AS) di kota Manbij, Suriah utara pada hari Rabu, (16/01/2019).

Pada insiden tersebut, beberapa orang termasuk warga sipil dan pasukan AS, tewas setelah. Itu terjadi kurang dari sebulan setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan niatnya untuk menarik pasukan AS dari negara yang dilanda perang.

Departemen Pertahanan AS mengatakan dua tentara AS, satu warga sipil Pentagon dan satu kontraktor tewas dalam serangan itu. Pengawas perang dan aktivis setempat juga melaporkan bahwa sejumlah warga sipil telah terbunuh.



Sebuah situs web yang terhubung dengan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL, juga dikenal sebagai ISIS) mengaku bertanggung jawab, mengatakan seorang penyerang menggunakan rompi peledak untuk melakukan ledakan, yang terjadi di dekat sebuah restoran di kota.

Serangan itu mempertanyakan klaim Trump bahwa ISIL telah dikalahkan di Suriah alasan yang dinyatakannya untuk menarik 2.000 tentara AS dari negara itu.

Wakil Presiden AS Mike Pence mengulangi klaim pada hari Rabu setelah serangan itu, dengan mengatakan, kekhalifahan ISIL telah hancur. "Dan kelompok bersenjata telah dikalahkan," katanya dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (17/01/2019).

Dalam sebuah pernyataan di kemudian hari, Pence mengatakan bahwa ia dan Trump mengutuk serangan teroris.

"Ketika kita mulai membawa pasukan kita pulang, rakyat Amerika dapat diyakinkan, demi tentara kita, keluarga mereka, dan bangsa kita, kita tidak akan pernah membiarkan sisa-sisa ISIS membangun kembali kekhalifahan mereka yang jahat dan membunuh - tidak sekarang, tidak pernah," tambah pernyataan itu.

Video serangan hari Rabu yang dirilis oleh para aktivis dan kantor berita setempat menunjukkan sebuah restoran yang mengalami kerusakan parah dan jalanan yang dipenuhi puing-puing dan darah. Beberapa mobil juga rusak. Video lain menunjukkan helikopter terbang di atas daerah itu. Video tidak dapat segera diverifikasi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads