Optimistis Raih Penghargaan APE, Pemkab Luwu Utara Rapat Penguatan PUG

Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:56 WIB
loading...
Optimistis Raih Penghargaan APE, Pemkab Luwu Utara Rapat Penguatan PUG
Rapat penguatan kelembagaan Tim Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) pemkab Luwu Utara, Rabu (14/10/2020). Foto: Humas pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) menggelar rapat penguatan kelembagaan Tim Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) di aula La Galigo kantor bupati, Rabu kemarin. Rakor dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara, Armiady.

Rakor dilaksanakan dalam rangka evaluasi nasional Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Kabid Kesetaraan Gender, Fatma Sukma, menyebutkan, rakor ini bertujuan mengevaluasi peran strategis pokja PUG dalam mendorong pelaksanaan PUG dan PPRG di perangkat daerah.



“Ini juga untuk menguatkan komitmen peran pokja PUG di seluruh perangkat daerah,” kata Fatma.

Sementara itu, Sekda Luwu Utara Armiady mengatakan, salah satu tujuan pembangunan nasional yang kemudian dijabarkan ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten, adalah meningkatkan kesetaraan gender dan perlindungan anak melalui strategi peningkatan kualitas politik, teknokratis, partisipatif dan pengarusutamaan gender.

Evaluasi nasional APE, kata dia merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kementerian lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten yang berhasil mengintegrasikan PUG sebagai strategi dalam pembangunan dengan melihat berbagai indikator pra syarat yang ditetapkan.



“Tentu dengan rapat ini kita berharap kembali mendapatkan penghargaan APE,” imbuhnya.

Selain Sekda Armiady, turut hadir dalam rakor ini, Kepala Dinas P2PA Andi Sarrapi, dan Kepala Seksi (Kasi) Keseteraan Gender DP3A Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel Syatri fitrah Abdul Larif.

Sekadar diketahui, APE merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pemda dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7091 seconds (0.1#10.140)