alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mau Roti Enak dan Murah? Coba Buatan Warga Binaan Lapas Makassar

Syachrul Arsyad
Mau Roti Enak dan Murah? Coba Buatan Warga Binaan Lapas Makassar
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Imam Suyudi bersama Direktur Utama KORAN SINDO Makassar dan SINDOnews.com, Munadhir Mubarak selfi dengan warga binaan pembuat roti. Foto : Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Lapas Klas IA Gunung Sari Makassar memiliki pabrik pembuatan roti. Meski tempatnya masih terbilang sederhana, namun sudah mampu memproduksi ratusan roti tiap harinya.

Hal ini terungkap saat Kepala kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel, Imam Suyudi mengajak rombongan manajemen KORAN SINDO Makassar dan SINDOnews.com berkeliling di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Gunung Sari Makassar, Jumat (18/01/2019).

Baca Juga : Staf Lapas dan Rutan se-Sulsel akan Ikut Kelas Jurnalistik KORAN SINDO



"Ini pabrik roti di lapas. Narapidana yang bikin. Ratusan roti yang diproduksi tiap hari," beber Imam kepada rombongan manajemen KORAN SINDO saat melakukan auidensi bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Dikatakan Imam, ada tujuh narapidana yang mengelola pembuatan roti ini. Setiap hari, ada 500-700 roti yang dibuat dan disebar kepada pelanggan, tidak hanya di dalam lapas, tapi juga di instansi pemerintahan lain. "Ada juga di Pemkot Kota Makassar," ujar dia.

Imam mengatakan, adanya pembuatan roti di lapas menunjukkan bahwa narapidana selama ini juga dibina dengan baik. "Tidak hanya pembinaan kepribadian, tapi juga ada pengembangan keterampilan," pungkasnya.

Selain memperlihatkan tempat pembuatan roti, rombongan manajemen KORAN SINDO dan SINDOnews.com juga diajak melihat usaha lain yang dikelola pohak lapas.

Diantaranya usaha pembuatan tempe, mebel, bahkan bank sampah dengan mempekerjakan para warga binaan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook